Foto Ngarai Terbesar di Tata Surya, Panjangnya 4.000 Km

Foto Ngarai Terbesar di Tata Surya, Panjangnya 4.000 Km

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 08 Jan 2021 17:09 WIB
Valles Marineris
Foto: NASA
Jakarta -

Di Bumi, ada ngarai spektakuler Grand Canyon di Amerika Serikat. Namun ngarai itu tidak ada apa-apanya dibandingkan ngarai terbesar di Tata Surya ini, yaitu Valles Marineris yang berlokasi di Planet Mars.

Bayangkan saja, ngarai Valles Marineris itu panjangnya sekitar 4.000 kilometer, lebar sekitar 200 kilometer dan dalamnya sampai 7 kilometer. Berarti sekitar 10 kali lipat lebih panjang dari Grand Canyon dan juga tiga kali lipat lebih dalam.

Menggunakan kamera resolusi sangat tinggi yang disebut sebagai HiRISE (short for High Resolution Imaging Science Experiment) yang berada di wahana Mars Reconnaissance Orbiter milik NASA, ilmuwan di University of Arizona mengabadikan beberapa foto Valles Marineris sejak tahun 2006.

Foto terbaru dijepret pada 26 Desember 2020 silam, menampakkan keindahan ngarai tersebut. Adapun bagaimana terbentuknya ngarai raksasa ini masih menyimpan cukup banyak tanda tanya besar bagi para ilmuwan.

Valles MarinerisFoto ngarai Valles Marineris yang spektakuler. Foto: NASA

Tak seperti Grand Canyon di Bumi, Valles Marineris mungkin bukan terbentuk dari pengaruh aliran air selama kurun waktu miliaran tahun. Sebabnya, planet Mars seperti diketahui permukaannya terlalu panas dan juga kering sehingga tidak eksis sungai yang cukup besar untuk membentuk ngarai semacam itu.

Seperti dikutip detikINET dari Live Science, Jumat (8/1/2021) mayoritas retakan di ngarai itu mungkin saja terbuka pada miliaran tahun silam ketika gunung berapi di planet Mars menyembul keluar dari permukaan.

Magma yang mengalir dari gunung-gunung berapi itu, termasuk Olympus Mons yang merupakan gunung berapi terbesar di Tata Surya, barangkali menjadi salah satu campur tangan alam dalam pembentukan ngarai tersebut.



Simak Video "Ngarai Sianok, Bukittinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)