Wahana Tianwen-1 Milik China Akan Tiba di Mars Pada 10 Februari

Wahana Tianwen-1 Milik China Akan Tiba di Mars Pada 10 Februari

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 17:51 WIB
Selfie tianwen-1 dalam perjalanan ke mars
Wahana Tianwen-1 Milik China Akan Tiba di Mars Pada 10 Februari Foto: CNSA
Jakarta -

Wahana antariksa Tianwen-1 milik China akan tiba di Mars pada 10 Februari mendatang. Tapi proses pendaratannya baru akan dimulai beberapa bulan setelahnya.

China National Space Administration (CNSA) mengatakan Tianwen-1 sudah mengangkasa selama 24 minggu. Pada 3 Januari lalu, posisinya berada sekitar 130 juta km dari Bumi dan 8,3 juta km dari Mars.

Dengan semua sistemnya bekerja dengan normal, wahana seberat lima ton ini akan tiba di orbit Mars pada 10 Februari. Sebelumnya, Tianwen-1 harus menyalakan salah satu mesinnya untuk memperlambat lajunya agar bisa ditangkap oleh tarikan gravitasi Mars.

CNSA mengatakan saat tiba di orbit Mars Tianwen-1 akan berjarak 190 juta km dari Bumi. Total perjalanan yang ditempuh wahana ini sejak diluncurkan pada bulan Juli 2020 adalah 470 juta km.

Deputi komandan misi Tianwen-1 dari China Academy of Space Technology (CAST) Li Zhencai mengatakan kepada media China bahwa persiapan untuk memasuki orbit Mars sudah dimulai.

"Kami berencana untuk menyelesaikan semua perintah dan latihan bersama dengan Beijing Aerospace Control Center sebelum 24 Januari," kata Li dalam wawancara dengan CCTV, seperti dikutip dari Space, Rabu (6/1/2021).

Li mengatakan sebelum memasuki orbit Mars, Tianwen-1 harus menjalani manuver untuk mengubah lintasannya untuk memastikan agar wahana ini berada di jalur yang tepat untuk memasuki orbit Mars. Ini adalah manuver keempat dan terakhir yang harus dilakukan Tianwen-1 sebelum memasuki Mars.

Setelah memasuki orbit, Tianwen-1 akan memulai proses untuk mendaratkan robot penjelajah (rover) ke permukaan Mars. Wahana pengorbit akan mulai proses pencitraan calon lokasi pendaratan yang sesuai di sekitar wilayah Utopia Planitia.

CNSA mengatakan proses persiapan ini akan memakan waktu yang lama, dan pendaratan baru akan dimulai pada bulan Mei.

Jika sukses mendarat rover seberat 240 kg yang dibawa Tianwen-1 akan menginvestigasi karakteristik tanah dan distribusi air es menggunakan instrumen Subsurface Exploration Radar. Rover ini juga akan menganalisa komposisi material permukaan dan karakteristik iklim dan lingkungan permukaan Mars.

Tianwen-1 adalah satu dari tiga wahana antariksa yang akan tiba di Planet Merah dalam hitungan bulan. Wahana Hope milik Uni Emirat Arab akan tiba duluan pada 9 Februari, lalu diikuti wahana Perseverance milik NASA yang akan mencoba mendarat di Mars pada 18 Februari.



Simak Video "Punya Antena Raksasa, China Siap Terima Info Rahasia Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)