Anjing Shiba Inu, dari Meme Jadi Logo Uang Digital Dogecoin

Anjing Shiba Inu, dari Meme Jadi Logo Uang Digital Dogecoin

Yudistira Imandiar - detikInet
Selasa, 05 Jan 2021 20:30 WIB
Dogecoin
Dogecoin dengan logo anjing meme Doge (Foto: The Independent)
Jakarta -

Mata uang kripto Dogecoin menjadi populer dan harganya meroket gara-gara cuitan CEO SpaceX Elon Musk. Diciptakan pada 2013, Dogecoin menggunakan gambar anjing menggemaskan sebagai logonya.

Mari kita ulas asal-usul anjing yang menjadi logo Dogecoin tersebut. Diketahui gambar anjing yang menjadi logo Dogecoin merupakan jenis Shiba Inu, salah satu dari enam ras anjing paling terkenal di Jepang.

Mengutip Dog Time, Selasa (5/1/2021) Shiba Inu terkenal dengan karakternya yang garang, sigap, dan agresif. Dahulu, Shiba Inu menjadi andalan masyarakat di Jepang untuk mengusir burung di ladang pertanian atau memburu babi hutan.

Anjing ini akan menyerang sesuatu yang dirasa menjadi ancaman buat mereka. Oleh sebab itu, Shiba Inu juga sering dijadikan anjing penjaga.

Di sisi lain, tidak mudah untuk melatih Shiba Inu menjadi anjing peliharaan yang patuh pada majikan. Tak seperti Golden Retriever yang bisa dilatih dan diarahkan dalam waktu relatif singkat, melatih Shiba Inu butuh ketekunan dan kesabaran karena anjing ini punya sifat keras kepala.

Sekalipun sudah jinak dan terlatih, Shiba Inu tidak bisa dilepas dari tali pengikatnya sembarangan. Karakter pemburu melekat kuat pada anjing ini, sehingga mereka bisa seketika mengejar hewan atau bahkan manusia di dekatnya bila merasa terusik. Mereka juga sangat posesif terhadap tempat tinggal dan makanan yang dimiliki.

Anjing ini memiliki ukuran yang tak terlalu besar, namun terkenal lincah. Shiba Inu jantan dewasa tingginya hanya sekitar 41 cm dengan berat 10 kg, sedangkan betina tingginya hanya sekitar 38 cm dengan bobot 7 kg saja. Dengan ukuran tubuh tak begitu besar, Shiba Inu bisa berlari dengan cepat mengejar targetnya.

Ada beberapa pendapat mengenai asal-usul nama Shiba Inu. Pendapat pertama mengatakan, Shiba memiliki arti 'semak belukar' dalam bahasa Jepang, tempat anjing tersebut sering berburu. Pendapat lainnya menyebut kata Shiba diambil karena ras anjing ini memiliki warna bulu kemerahan seperti warna ranting semak-semak kering.

Ada lagi pendapat yang mengatakan Shiba diambil dari Bahasa Jepang kuno yang merujuk pada tubuh kecil anjing tersebut. Sementara itu, kata 'Inu' berarti anjing dalam Bahasa Jepang. Shiba Inu memiliki nama latin Canis lupus familiaris.

Halaman selanjutnya: Anjing Shiba Inu menjadi meme...