5 Penyakit yang Dipercaya Datang dari Luar Bumi

5 Penyakit yang Dipercaya Datang dari Luar Bumi

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 30 Des 2020 05:43 WIB
Flu Spanyol
Flu spanyol salah satu yang dipercaya sebagai penyakit yang berasal dari luar Bumi. Foto: Getty Images via BBC
Jakarta -

Selama bertahun-tahun, beberapa ilmuwan percaya ada sejumlah penyakit di Bumi yang berasal dari ruang angkasa. Bagaimana bisa? Kemungkinan penyakit atau virus tersebut menumpang meteor yang jatuh ke Bumi sehingga menyebar ke penjuru dunia.

Dikutip detikINET dari List Verse, Rabu (30/12/2020) berikut ini adalah beberapa yang sempat dituduh sebagai penyakit dari luar Bumi.

1. Pandoravirus

Ditemukan pada 2013, virus pandora memiliki ukuran 10 kali lebih besar dari virus umumnya. Virus ini hanya ada di dua tempat di Bumi yakni Chile dan Australia. Yang membuat heran, hanya 6% dari susunan genetiknya yang berkaitan dengan kehidupan di Bumi. Kendati demikian, jika memang pandoravirus berasal dari Mars, virus ini toh hanya mengancam kehidupan para amoeba. Jadi tidak perlu khawatir.

2. Sapi gila

Penyakit sapi gila, atau bovine spongiform encephalopathy, adalah penyakit mematikan. Virus ini dapat menular ke manusia ketika daging yang terinfeksi dimakan, yang menyebabkan demensia dan bahkan kematian. Mikroorganisme aneh yang disebut prion bertanggung jawab atas infeksi tersebut dan beberapa percaya bahwa keanehan penyakit tersebut bukan hanya kebetulan.

Peneliti di India baru-baru ini mengumumkan bahwa bisa saja mikroba penyerang otak ini berasal dari komet yang lewat. Alien kecil tersebut mungkin telah terlempar keluar menjadi jejak debu komet dan tertarik gravitasi Bumi. Para ilmuwan ini telah mengirim balon ke atmosfer atas untuk mencari asal penyebab penyakit sapi gila tersebut.