Ini Alasan Tutup Pulpen Berlubang

Ini Alasan Tutup Pulpen Berlubang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 29 Des 2020 08:55 WIB
pulpen
Alasan tutup pulpen memiliki lubang ternyata sangat pintar. Foto: Internet
Jakarta -

Pernah berpikir mengapa tutup pulpen memiliki lubang? Ternyata ada alasan yang sangat pintar melatarbelakangi hal tersebut.

Kasus tersedak adalah hal yang paling sering terjadi, khususnya pada anak-anak. Seperti kita ketahui anak-anak sering kali langsung dimasukkan apa saja ke dalam mulut tanpa pikir dua kali apakah itu akan membahayakan dirinya atau tidak.

Dengan hanya menambahkan lubang yang lebih besar ke bagian atas tutupnya, perusahaan pena BIC mampu memastikan adanya aliran udara dan kemungkinan orang untuk dapat bernapas bahkan jika itu terjadi. Desain ini benar-benar ditujukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang dalam kondisi emergency.

"Alasan mengapa beberapa pena BIC memiliki lubang di tutupnya adalah untuk mencegah tutupnya menghalangi jalan napas jika tidak sengaja tertelan," tulis perusahaan di situsnya.

"Ini diminta oleh standar keselamatan internasional ISO11540, kecuali dalam kasus di mana tutupnya dianggap terlalu besar untuk menimbulkan bahaya tersedak," sambungnya.

Produsen pena lain pun mengikuti dan menambahkan lubang yang lebih besar ke bagian atas pena mereka karena menganggap ide tersebut sangat baik untuk diadaptasi.

Menelan bagian pena dan pensil secara tidak sengaja, termasuk tutupnya, menyebabkan beberapa ribu kali insiden yang masuk ruang gawat darurat di Amerika Serikat antara tahun 1997 sampai 2010, menurut data yang dikumpulkan melalui National Electronic Injury Surveillance System.

Menelan benda asing bisa sangat berakibat serius di kalangan anak kecil. Sebuah laporan kasus tahun 2013 dari Annals of Pediatric Surgery menemukan bahwa 3% sampai 8% dari masalah aspirasi yang tidak berhubungan dengan makanan menyuguhkan kasus anak-anak yang menelan tutup pena. Demikian melansir Science Alert.



Simak Video "Asmara Abigail Temukan Tantangan Main di Film 'The Science of Fictions'"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)