4 Penampakan UFO Misterius yang Belum Terpecahkan

4 Penampakan UFO Misterius yang Belum Terpecahkan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 28 Des 2020 07:50 WIB
ufo
4 Penampakan UFO Misterius yang Belum Terpecahkan Foto: Istimewa
Jakarta -

Banyak fenomena yang sering dianggap sebagai penampakan UFO atau ulah alien. Tapi begitu ditelusuri, penampakan itu rupanya hanya fenomena alam seperti sprites dan meteor, hingga pesawat eksperimental dan balon cuaca.

Menurut kelompok UFO asal Prancis, GEIPAN, sekitar 3,5% penampakan UFO masih belum terpecahkan. Berikut empat penampakan di antaranya, yang dikutip detikINET dari BBC Science Focus, Senin (28/12/2020).

1. Penampakan UFO di Florence, Italia tahun 1954

Pada tahun 1954, dua klub sepakbola lokal sedang bertanding di Florence, Italia. Tiba-tiba kerumunan penonton berhenti menonton pertandingan dan justru melihat objek misterius yang melayang di angkasa.

Saksi mata menyebut objek misterius itu berbentuk mirip cerutu atau telur dan memiliki benang putih keperakan yang menjuntai dari langit. Sampel dari objek tersebut langsung hancur saat disentuh tapi sempat diperiksa di University of Florence.

Hasil penelitian menemukan sampel tersebut mengandung boron, silikon, kalsium dan magnesium. Ilmuwan sempat mengira laba-laba merupakan dalang dari benang-benang ini, tapi jaring mereka merupakan material organik yang tidak mengandung elemen-elemen tersebut.

2. Penampakan di Melbourne, Australia tahun 1966

Sekitar 350 murid dan guru di Westall High School di Melbourne, Australia melihat lima pesawat terbang mengelilingi UFO berwarna perak yang berbentuk seperti piring terbang pada tahun 1966.

Pesawat-pesawat itu mencoba menggiring objek yang diduga UFO selama 20 menit, sebelum akhirnya menghilang. Untuk memperingati penampakan ini, masyarakat setempat membangun taman bermain bertema UFO dan saksi mata masih bertemu setiap tahun untuk membicarakan pengalamannya.

3. Penampakan di Amerika Serikat dan Meksiko tahun 1997

Pada tahun 1997, ribuan orang melaporkan cahaya yang menghiasi langit malam hingga radius ratusan mil di negara bagian Arizona dan Nevada di Amerika Serikat, dan Sonora di Meksiko.

Cahaya ini dilaporkan dalam keadaan diam, atau berada di pesawat berbentuk V yang terbang dalam formasi segitiga. Angkatan Udara AS mengatakan cahaya yang ada di Phoenix merupakan suar militer, tapi UFO berbentuk V yang dilaporkan masih menjadi misteri.



Simak Video "LAPAN Akan Mulai Ekspedisi Kehidupan Luar Bumi: Bukan Cari Alien!"
[Gambas:Video 20detik]