Grafik Ini Tunjukkan Seberapa Berpengaruh Vaksin untuk Penyakit Menular

Grafik Ini Tunjukkan Seberapa Berpengaruh Vaksin untuk Penyakit Menular

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 18 Des 2020 08:07 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Vaksin COVID-19 sudah tiba di berbagai negara. Grafik ini menunjukkan betapa vaksin bisa sangat berpengaruh untuk berantas penyakit menular. Foto: iStock
Jakarta -

Vaksin corona sudah tiba di berbagai negara. Jauh sebelum COVID-19, vaksin sudah digunakan untuk penyakit seperti cacar, campak dan polio.

Lewat grafik ini, ditunjukkan betapa vaksin bisa sangat berpengaruh untuk berantas penyakit menular. Berkat vaksin angka polio di dunia sudah berkurang 90% dan cacar sudah berhasil diberantas.

Mengutip Daily Mail, grafik tersebut diterbitkan oleh Max Roser, seorang peneliti Oxford University dan pendiri situs web Our World in Data. Ia mempublikasikan ketika vaksin virus corona mulai diluncurkan dan berhasil meningkatkan harapan bahwa kehidupan akan segera kembali normal dengan tampilan data yang ada.

"Penyakit menular yang pernah merusak, menyakiti, melumpuhkan, dan membunuh banyak nenek moyang kita telah hilang jauh dari kehidupan dan ingatan kita. Hari ini ketika kita menghadapi pandemi COVID-19, ini adalah pertama kalinya bagi banyak dari kita yang mengalami satu penyakit menular," ucap Roser.

Sebelum COVID-19, cacar dianggap sebagai salah satu penyakit paling mematikan dalam sejarah manusia, menewaskan lebih dari setengah miliar orang mulai dari zaman Mesir kuno hingga 1978. Hampir sepertiga dari mereka yang tertular penyakit itu meninggal karenanya, sementara yang selamat mendapatkan dengan bekas luka. Hal itu mendorong dokter Inggris Edward Jenner untuk mengembangkan vaksin pertama di dunia.

Berikut ini adalah grafik dari keberhasilan vaksin memberantas penyakit-penyakit berbahaya di dunia:

Our World in DataKasus campak di Amerika Serikat menurun setelah adanya vaksin. Foto: Our World in Data
Our World in DataKasus polio benar-benar terpangkas begitu vaksin polio ditemukan. Grafik ini menunjukkan angka di Amerika Serikat. Foto: Our World in Data
Our World in DataAngka kematian akibat cacar di London mengalami penurunan yang signikan begitu vaksin ditemukan. Foto: Our World in Data



Simak Video "Kemenkes Pastikan Efikasi Sinovac di Indonesia Penuhi Standar"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)