Potensi Bahaya di Balik Matahari Buatan China - Halaman 2

Potensi Bahaya di Balik Matahari Buatan China

Tim - detikInet
Senin, 14 Des 2020 05:15 WIB
Matahari buatan China
Ptoyek Matahari buatan China. Foto: Dok. Xinhua/Zhang Chaoqun

Namun demikian masalahnya jika nanti tujuannya adalah untuk kepentingan komersial, ilmuwan belum tahu sampai berapa lama reaktor tetap menyala dan kedua, perlu beroperasi minimal 10 kali temperatur inti Matahari, yang baru bisa dicapai oleh Matahari buatan yang diujicoba itu.

Proyek Matahari buatan itu diklaim memanfaatkan teknologi paling maju di China, bahkan mungkin di dunia, mampu menahan bombardir partikel sampah berulangkali yang diproduksi oleh gas panas. Tapi itupun diperkirakan tidak bisa selamanya.

"Untuk operasi dalam jangka pendek tak masalah. Tapi tidak ada material buatan manusia yang bisa bertahan dengan kerusakan kumulatif dari partikel sub atom dalam waktu bertahun-tahun atau dekade. Memang akan butuh waktu lama untuk menemukan material yang tepat," cetus Wang Yugang, profesor fisika nuklir di Peking University.

Maka, tantangan teknis dari proyek ini memang bisa dikatakan sangat pelik. Namun demikian, China akan jalan terus mengingat manfaatnya sebagai sumber energi dianggap penting.

"Pengembangan energi fusi nuklir tidak hanya menjadi jalan untuk menyelesaikan kebutuhan energi strategis China, tapi juga memiliki arti penting bagi pengembangan energi dan ekonomi nasional China yang berkelanjutan di masa depan," kata media milik pemerintah China People's Daily.



Simak Video "Nggak Mau Kalah! Eropa Bikin Matahari Buatan Saingi China"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)