Wahana Canggih China Siap Gali Bulan, Begini Caranya

Wahana Canggih China Siap Gali Bulan, Begini Caranya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 02 Des 2020 10:00 WIB
Change 5
Ilustrasi wahana China Chang'e 5 mendarat di Bulan. Foto: BBC
Jakarta -

Wahana robotika buatan China, Chang'e 5, telah sukses mendarat di Bulan. Misi ini pun bersiap menggali sampel bebatuan dan tanah permukaan Bulan untuk dibawa ke Bumi dan diteliti. Bagaimana caranya?

Pesawat ruang angkasa Chang'e-5 "mendarat di sisi dekat bulan pada Selasa malam," demikian laporan yang diumumkan oleh kantor berita Xinhua, mengutip Badan Luar Angkasa Nasional China.

Pesawat antariksa Chang'e 5 tersebut beratnya tembus 8,2 ton dan dilesatkan oleh roket Long March 5 dari Wenchang, selatan China pada 24 November waktu setempat. Sesampainya di orbit Bulan, pesawat ini terpisah menjadi dua.

Seperti dikutip detikINET dari BBC, separuh bagian tetap berada di orbit, sementara perangkat lander mulai melakukan pendaratan di Bulan. Sesampainya di Bulan, lengan robotika di lander itu diprogram untuk menggali sampai kedalaman 1,8 meter.

Bobot batu dan tanah Bulan akan diambil sebanyak 2 kilogram. Adapun lokasi penggalian adalah di tanah vulkanis bernama Mons Rumker. Dibanding bebatuan yang dulu diambil Amerika Serikat dan Rusia, batu di area ini usianya lebih muda, antara 1,2 sampai 1,3 miliar tahun, sehingga akan memberikan data berbeda.

Sejauh ini, ilmuwan hanya bisa mempelajari batu Bulan dari area yang setidaknya berumur 3 miliar tahun. Karena batu yang akan diambil China jauh lebih muda, para ilmuwan bisa lebih lanjut mempelajari tentang asal-usul, formasi, dan aktivitas vulkanik Bulan di permukaannya.

Lengan robotika di lander itu kemudian akan meletakkan bebatuan dan tanah Bulan di modul yang ada di posisi paling atas. Saat sampel sudah dipastikan aman, maka modul itu bakal melesat menuju orbit Bulan dan bergabung dengan wahana yang sudah menunggu, kemudian kembali ke Bumi.



Simak Video "Pesawat Luar Angkasa China Bakal Bawa Sampel 2 Kg dari Bulan"
[Gambas:Video 20detik]