Fenomena Meteor Atau Bintang Jatuh Menurut Al Quran - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Fenomena Meteor Atau Bintang Jatuh Menurut Al Quran

Erwin Dariyanto - detikInet
Kamis, 19 Nov 2020 19:41 WIB
Beberapa bulan terakhir ini bumi terus dihujani oleh partikel asteroid dari luar angkasa. Setidaknya ada fenomena alam yang indah untuk dinikmati seperti hujan meteor Lyrids dan Eta Aquarids. 

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membagikan kalender astronomi yang akan terjadi pada bulan Mei ini. Salah satunya adalah fenomena alam hujan meteor Eta Aquarids yang terjadi tadi malam dan beberapa hari kedepan.
Ilustrasi Meteor (Foto: Getty Images/Dan Kitwood)

Allah SWT berfirman:


إِلَّا مَنْ خَطِفَ ٱلْخَطْفَةَ فَأَتْبَعَهُۥ شِهَابٌ ثَاقِبٌ

Lafal- Latin: Illā man khaṭifal-khaṭfata fa atba'ahụ syihābun ṡāqib

Artinya: Akan tetapi barangsiapa (di antara mereka) yang mencuri-curi (informasi); maka ia dikejar oleh suluh api yang cemerlang.

Dikutip dari tafsir Ringkas Kementerian Agama RI atas surat ash Shaffat ayat 10, setan-setan itu tidak dapat mendengar pembicaraan para malaikat. Para setan yang berhasil mencuri pembicaraan dengan cepat, maka mereka dikejar oleh bintang yang menyala sehingga mereka pun terbakar. Di dalam dunia modern bintang jatuh yang menyala-nyala tersebut dikenal sebagai meteor.

Menurut Muhammad Ma'rufin Sudibyo perbuatan setan mencuri informasi dari pembicaraan para malaikat itu sering terjadi sebelum masa kenabian Muhammad SAW. Setelah periode Nabi Muhammad, para setan tak lagi dapat mencuri informasi tersebut.

Wallahualam Bissawab!

(erd/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT