Sinyal Misterius Terdeteksi di Galaksi Kita, Mungkin Alien

Sinyal Misterius Terdeteksi di Galaksi Kita, Mungkin Alien

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 05:34 WIB
Peneliti astronomi deteksi sinyal-sinyal misterius dari luar angkasa
Sinyal Misterius Terdeteksi di Galaksi Kita, Mungkin Alien (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Astronom melaporkan adanya semburan sinyal radio misterius dan intens yang terdeteksi dari dalam galaksi kita sendiri. Mungkinkah dari alien?

Untuk diketahui, fast radio burst (FRB) atau semburan sinyal radio cepat berlangsung hanya sepersekian detik, tetapi bisa 100 juta kali lebih kuat daripada Matahari. Terlepas dari intensitasnya, asal dari kemunculan sinyal tersebut hingga saat ini masih belum diketahui.

Saat ini, para astronom bisa mengamati FRB yang terdeteksi di galaksi Bima Sakti untuk pertama kalinya. Selain menjadi lebih dekat daripada FRB yang terdeteksi sebelumnya, astronom akhirnya akan dapat membantu memecahkan misteri asal muasalnya.

Dikutip dari The Independent, Jumat (6/11/2020) para ilmuwan mengalami kesulitan melacak asal ledakan sinyal tersebut karena berlangsung sangat pendek, tidak dapat diprediksi, dan berasal dari jauh.

Jelas bahwa mereka harus terbentuk dalam beberapa kondisi paling ekstrem di alam semesta, dengan berbagai dugaan penjelasan mencakup segala sesuatu mulai dari bintang yang sekarat hingga teknologi milik alien.

Astronom berpendapat, semburan energi radio ini tampaknya berasal dari magnetar atau bintang dengan medan magnet yang sangat kuat. Mereka dapat memastikan bahwa ledakan tersebut akan terlihat seperti FRB lain yang lebih jauh jika diamati dari luar galaksi kita sendiri. Ini menunjukkan bahwa setidaknya, beberapa ledakan lain juga dapat dibuat dari objek serupa di tempat lain.

"Ada misteri besar tentang apa yang akan menghasilkan semburan energi besar ini. Sejauh ini yang telah kita saksikan, datang dari tengah alam semesta," kata Kiyoshi Masui, asisten profesor fisika di MIT, yang memimpin analisis tim FRB.

"Ini adalah pertama kalinya kami dapat menghubungkan salah satu FRB yang eksotis ini ke satu objek astrofisika," sambungnya.

Halaman selanjutnya: Asal mula deteksi sinyal...



Simak Video "LAPAN Akan Mulai Ekspedisi Kehidupan Luar Bumi: Bukan Cari Alien!"
[Gambas:Video 20detik]