Hewan Terkuat di Bumi Ternyata Punya Saingan

Hewan Terkuat di Bumi Ternyata Punya Saingan

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 05 Nov 2020 06:03 WIB
Tardigrade
Foto: Eye of Science/SPL
Jakarta -

Tardigrade membuat para ilmuwan yang menelitinya kagum. Meski tampangnya imut-imut, makhluk ini sangat kuat. Tardigrade dapat bertahan hidup puluhan tahun tanpa asupan apapun dan di kondisi ekstrem. Saat ini para peneliti sedang mencari tahu spesies apa kira-kira yang bisa menandingi ketangguhannya.

Jika membicarakan kekuatan tardigrade, ada banyak sekali fakta yang akan membuat kita terkesima. Sebagai contoh, pada 2007, dua tardigrade dilepaskan ke luar angkasa, keduanya berhasil kembali ke Bumi dalam kondisi masih hidup. Bayangkan, manusia saja tidak akan bertahan hidup selama dua menit di luar angkasa.

Tardigrade adalah sekelompok spesies invertebrata kecil yang hidup di seluruh dunia. Spesies ini sebenarnya ada di sekitar kita. Namun karena ukurannya mikro, kita tidak bisa melihatnya dengan mata telanjang. Makhluk ini ada di mana-mana, dia ada di lumut yang tumbuh di kebun belakang rumah, di dasar laut, puncak gunung, bahkan di gunung berapi.

Ahli astrobiologi Dr Jon Stone dari McMaster University merangkum bagaimana mereka dapat bertahan dalam kondisi ekstrem, termasuk suhu sedingin -180 derajat celcius selama 14 hari atau panas oven 151 derajat celcius selama 30 menit.

"Mereka juga dapat bertahan hidup dari radiasi gamma 5000 Gy, jenis radiasi yang di film fiksi ilmiah Marvel, mengubah David Banner menjadi Hulk. Radiasi 5-10 Gy ini bisa membunuh manusia. Tardigrade juga dapat bertahan hidup dalam keadaan beku selama 30 tahun dan berpotensi hingga 100 tahun," ujarnya.

Umumnya tardigrade jauh lebih tahan terhadap perubahan lingkungan dibandingkan kebanyakan hewan. Mereka sering dipelajari dalam konteks astrofisika. Misalnya, mengidentifikasi apakah mereka akan bertahan jika Bumi dihantam asteroid.

Selanjutnya: Spesies penantang tardigrade