COVID-19 Diprediksi Bakal Jadi Endemik Seperti Flu

COVID-19 Diprediksi Bakal Jadi Endemik Seperti Flu

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 21 Okt 2020 20:45 WIB
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background
Ilustrasi COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/PS3000)
Jakarta -

Ahli dari Inggris memprediksi bahwa COVID-19 nanti pada akhirnya akan menjadi endemik seperti halnya flu. Diketahui vaksin potensial sedang dalam uji klinis tahap akhir, tetapi Patrick Vallance mengatakan kemungkinan tidak ada yang bisa memberantas virus SARS-CoV-2.

"Gagasan untuk memberantas COVID-19 di mana saja tidak benar karena itu (COVID-19 -- red) akan muncul kembali," katanya sebagaimana mengutip CNBC, Rabu (21/10/2020).

Ia menyebutkan hanya ada satu penyakit manusia yang benar-benar berhasil diberantas berkat vaksin yang sangat efektif. Penyakit itu adalah cacar.

"Kami tidak dapat memastikan, tetapi saya pikir tidak mungkin kita akan berakhir dengan vaksin yang benar-benar steril, (yaitu) sesuatu yang benar-benar menghentikan infeksi, dan kemungkinan penyakit ini akan menyebar dan menjadi endemik, itulah perkiraan terbaik saya," ucap Vallance kepada National Security Strategy Committee di London.

Ia mengatakan meski memang vaksin dapat membantu mengurangi kemungkinan infeksi dan keparahan penyakit, COVID-19 justru semakin mirip polanya dengan flu tahunan.

"Kami sekarang berada dalam situasi yang luar biasa di mana terdapat setidaknya delapan vaksin yang berada dalam studi klinis yang cukup besar di seluruh dunia. Kita akan tahu selama beberapa bulan ke depan apakah kita bakal memiliki vaksin yang benar-benar melindungi dan berapa lama vaksin ini bisa melindungi," sambungnya.

Terakhir, Vallance menyimpulkan bahwa ia sendiri tidak yakin bahwa segera ada vaksin yang tersedia untuk digunakan secara luas di masyarakat sampai setidaknya musim semi mendatang.

Hmm kalau begitu, yang bisa kita lakukan adalah menjaga kesehatan sembari menerapkan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker) ya, detikers.



Simak Video "Negara Bebas Corona, Mana Saja Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)