Malam Ini Bisa Lihat Mars dengan Mata Telanjang, Ini Caranya

Malam Ini Bisa Lihat Mars dengan Mata Telanjang, Ini Caranya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 18:55 WIB
Planet Mars
Planet Mars. Foto: NASA
Jakarta -

Planet Mars saat ini berada di jarak terdekat dengan Bumi. Momen ini bisa dimanfaatkan kalian pecinta astronomi untuk mengamati planet merah itu dengan mata telanjang.

"Hal istimewa dari peristiwa ini Planet Mars jadi lebih dekat, pengamatan jadi lebih mudah karena tampak lebih besar dan jaraknya yang lebih dekat," ujar Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto, Selasa (6/10/2020).

Planet Mars saat ini berada di jarak 62 juta kilometer dengan Bumi. Jarak terjauh Bumi dan Mars bisa sejauh 401 juta kilometer. Sedangkan, rata-ratanya di angka 225 juta kilometer. Disampaikan Rhorom, fenomena ini dikenal dengan oposisi.

Cara melihat Planet Mars

Rhorom mengatakan cara untuk mengamati Planet Mars terbilang mudah. Selain dapat menyaksikannya dengan mata telanjang, Mars dapat terlihat di langit malam berupa bulatan yang warnanya merah. Fenomena ini bisa disaksikan dengan mata telanjang pada malam hari di sebelah Timur dan sebelum fajar di sebelah Barat.

"(Masyarakat) bisa mengamati Planet Mars dengan mata telanjang yang berupa titik terang berwarna merah. Kalau ingin melihat bentuk Planet Mars, seperti permukaannya, harus menggunakan teleskop untuk lebih jelas," ucapnya.

Tidak perlu di daerah yang gelap, yang mana jauh dari perkotaan, Rhorom mengatakan kalau masyarakat yang berada di perkotaan, seperti Jakarta, bisa dengan mudah mendeteksi titik terang berwarna merah tersebut.

Hal menarik dari fenomena Mars yang berada di posisi terdekat dengan Bumi ini, masyarakat sudah bisa melihat planet tetangga tersebut sejak Matahari terbenam sampai Matahari muncul lagi di keesokan harinya.

"Oposisi ini bisa dilihat sepanjang malam, setelah Matahari terbenam, Planet Mars akan terlihat. Begitu Matahari terbit, Mars akan menghilang. Itu definisi oposisi, berlawanan," tuturnya.

Peristiwa Planet Mars dekati Bumi ini sangat jarang terjadi. Diperkirakan akan terjadi lagi pada September 2035 dan pada tahun 2287. Khusus tahun 2035, diperkirakan jalur lintasan Mars akan mendekati Bumi dengan rentang mencapai 56,9 juta kilometer. Jarak kedua planet ini sebenarnya bisa lebih dekat lagi paling sedikit 54,6 juta kilometer.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)