Planet Mars Dekati Bumi Hari Ini, Ini Dampaknya

Planet Mars Dekati Bumi Hari Ini, Ini Dampaknya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 17:31 WIB
Tiga Negara Simultan Luncurkan Misi ke Planet Mars
Ilustrasi Planet Mars dekati Bumi. Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memastikan tidak ada dampak yang membahayakan ketika orbit Planet Mars berada di posisi yang paling dekat dengan Bumi, seperti yang terjadi pada hari ini, Selasa (6/10/2020).

Planet Mars saat ini berada di jarak 62 juta kilometer dengan Bumi. Jarak terjauh Bumi dan Mars bisa sejauh 401 juta kilometer. Sedangkan, rata-ratanya di angka 225 juta kilometer.

Fenomena Planet Merah yang berdekatan dengan Bumi ini terjadi karena, baik itu Mars maupun Bumi mempunyai jalur orbit yang lintasanya tidak bulat sempurna alias berbentuk elips saat mengitari Matahari. Hal itu yang membuat Bumi dan Mars bisa berdekatan satu sama lain.

Peneliti Pusat Sains Antariksa Lapan Rhorom Priyatikanto mengungkapkan, fenomena Planet Mars dekati Bumi ini disebut dengan oposisi. Kondisinya berbeda dengan ketika Bumi dekat dengan Bulan yang ada pengaruhnya.

"Tidak ada dampak langsung (berbahaya ke Bumi), seperti saat Bumi dengan Bulan. Tarikan gaya gravitasi Mars juga sangat amat kecil. Keistimewaan fenomena ini bisa mengamati Planet Mars dengan mudah karena lebih dekat dan lebih besar," jelas Rhorom saat dihubungi detikINET.

Rhorom mengatakan momen oposisi Mars dan Bumi ini menjadi kesempatan emas untuk meluncurkan wahana antariksa ke planet tersebut. Peluncuran tersebut tentunya dilakukan bukan hari ini, tetapi sebelumnya.

Tercatat, ada berbagai negara meluncurkan misi antariksa ke Planet Mars yang waktu peluncurannya hampir berdekatan. Misalnya, China dengan misi Tianwen-1, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang meluncurkan wahana antariksa Perseverance dan Uni Emirat Arab (UEA) yang mencatatkan sejarah sebagai negara Arab yang meluncurkan misi ke Planet Mars.

"Jadi, oposisi ini bagusnya untuk peluncuran wahana antariksa, sebab jarak lintasnya jadi pendek, murah," ungkap Rhorom.

Peristiwa Planet Mars dekati Bumi ini sangat jarang terjadi. Diperkirakan akan terjadi lagi pada September 2035 dan pada tahun 2287. Khusus tahun 2035, diperkirakan jalur lintasan Mars akan mendekati Bumi dengan rentang mencapai 56,9 juta kilometer. Jarak kedua planet ini sebenarnya bisa lebih dekat lagi paling sedikit 54,6 juta kilometer.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)