Posisi Planet Mars Dekat dengan Bumi Hari Ini, Berikut Fakta-faktanya

Posisi Planet Mars Dekat dengan Bumi Hari Ini, Berikut Fakta-faktanya

Puti Yasmin - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 14:09 WIB
Planet Mars
Posisi Planet Mars Dekat dengan Bumi Hari Ini, Berikut Fakta-faktanya (Foto: NASA)
Jakarta -

Posisi Planet Mars berada pada jarak paling dekat dengan Bumi pada hari ini, Selasa (6/10/2020). Hal itu pun membuat masyarakat bisa melihat dari dekat posisi bentuk planet tersebut.

Adapun, posisi terdekat Planet Mars dengan Bumi akan berjarak sekitar 38,57 juta mil atau 62,07 juta kilometer. Fenomena ini bisa disaksikan dengan mata telanjang pada malam hari di sebelah Timur dan sebelum fajar di sebelah Barat.

Peristiwa seperti ini sangat jarang terjadi. Diperkirakan akan terjadi lagi pada September 2035 dan pada 2287. Jadi jangan sampai kelewatan ya untuk melihat Planet Mars hari ini!

Berikut fakta-fakta Planet Mars:

1. Ciri-ciri Planet Mars

Planet Mars memiliki diameter 6.790 km dengan volume 15% dibandingkan volume Bumi. Adapun, kecepatan rotasi berbeda dengan Bumi, yakni lebih lama mencapai 687 hari.

Sedangkan, suhu Planet Mars mencapai -70° hingga +30° celcius. Bila, satelit alami Bumi hanya satu bulan, Planet Mars memiliki dua satelit, yaitu Phobos dan Deimos.

Ciri-ciri lain Mars adalah warna merah ke oranye yang bisa dilihat dari Bumi. Ternyata, warna tersebut berasal dari partikel karat atau oksida di bebatuan Mars. Selain itu, beberapa partikel karat juga tertiup ke atmosfer Mars.

2. Keadaan Planet Mars

Mars memiliki kemiripan yang sangat dekat dengan Bumi. Hanya saja, atmosfer dan ukurannya jauh lebih tipis dan kecil dibanding dengan Bumi karena kecilnya gaya gravitasi yang dimiliki Mars.

Untuk permukaannya, Mars terdiri dari dua daerah, yakni dataran tinggi yang penuh dengan kawah yang berbeda di Selatan, dan daerah yang penuh dengan gunung api yang sudah padam di Utara.

Sementara itu, dikutip dari buku 'Geografi' terbitan Quadra, peneliti menemukan materi karbon yang tersimpan di kerak meteor dari Planet Mars. Temuan tersebut pun menjadi tanda bahwa pernah ada kehidupan di Planet Mars.

Sebabnya, semua proses kehidupan di Bumi berasal dari karbon. Artinya, kandungan karbon dalam kerak meteor Planet Mars menjadi bukti kehidupan di masa lampau. Hanya saja, hal ini masih diteliti lebih lanjut.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)