Bisakah COVID-19 Menular Lewat Berenang dan Pertanyaan Lainnya

Bisakah COVID-19 Menular Lewat Berenang dan Pertanyaan Lainnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 11 Sep 2020 05:50 WIB
Ilustrasi pria berenang
Bisakah COVID-19 menular lewat berenang? Foto: Getty Images/DaniloAndjus
Jakarta -

Rencana memberlakukan PSBB kembali di Jakarta karena pandemi COVID-19 yang mewabah membuat banyak orang semakin tersadar pentingnya menjaga kesehatan dan penggunaan masker.

Pengetahuan untuk mengenal lebih jauh mengenai musuh kita yang tidak kasat mata, SARS-CoV-2, pun turut meningkat. Seperti apa penularan COVID-19? Apakah bisa COVID-19 bertransmisi saat berenang? Ini dia penjelasan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

1. Apakah COVID-19 bisa menular lewat makanan?

Menurut pemaparan WHO di situs resminya, belum jelas apakah orang bisa tertular COVID-19 dari makanan. Diketahui virus Corona terbaru ini adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan rute transmisinya melalui kontak dari orang ke orang.

"Sampai saat ini tidak ada bukti virus yang menyebabkan penyakit pernapasan ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan," jelas WHO.

Kendati demikian, ada kemungkinan virus berpindah dari kemasan makanan yang terkontaminasi. Karenanya, cuci tangan dapat mencegah penyebaran COVID-19.

2. Apakah anak harus pakai masker saat di rumah?

Ketika anak mengalami gejala yang mirip COVID-19, disarankan untuk memakai masker medis selama yang mereka mampu. Anak harus diisolasi dan jangan sungkan untuk mencari pertolongan medis ketika mulai merasakan gejala yang tidak mengenakan, sekalipun gejalanya ringan. Anggota keluarga yang lainnya harus menjaga jarak kurang lebih 1 meter dan menggunakan masker.

3. Apakah berenang bisa menularkan COVID-19?

"Berenang di kolam yang terawat dengan baik dan diklorinasi dengan benar itu aman. Namun, disarankan untuk menjauh dari area yang ramai termasuk kolam renang yang penuh. Jaga jarak 1 meter dari orang yang bersin atau batuk meskipun berada di area berenang," tegas WHO.

4. Dapatkan virus SARS-CoV-2 menular dari feses?

Ada beberapa bukti bahwa infeksi COVID-19 dapat menyebabkan infeksi usus dan terdapat dalam tinja. Namun, hingga saat ini hanya satu penelitian virus COVID-19 dari spesimen tinja. Belum ada laporan penularan virus COVID-19 dari feses.



Simak Video "Tiru Thailand, Satgas Covid-19 Minta Protokol Kesehatan Dipertegas "
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)