12 Kemungkinan Kenapa Alien Belum Ditemukan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 11 Sep 2020 05:21 WIB
alien
Ilustrasi alien. Foto: istimewa

Walau sudah berusaha dicari, belum ada bukti alien itu eksis. Pengamatan ke luar angkasa secara intensif belum menemukan para makhluk antariksa. Kira-kira apa alasannya ya?

Tahun silam, dibuka laporan proyek bernama Breakthrough Listen, di mana ilmuwan mengamati 1.327 bintang dalam rentang jarak sampai 160 tahun cahaya dari Bumi. Sayangnya, tidak ada bukti peradaban alien.

Penelitian terbaru mengamati lebih dari 10 juta bintang untuk mencari tanda teknologi alien dengan instrumen Murchison Widefield Array (MWA), kumpulan 4.096 antena yang ditancapkan di tanah merah di Western Australia. Sayangnya juga belum menemukan bukti signifikan.

Dikutip detikINET dari Live Science, ini kemungkinan dari sisi sains kenapa alien belum juga dijumpai manusia:

1. Alien memang tidak ada: Meskipun galaksi Bima Sakti punya ratusan miliar bintang dan begitu banyak planet, belum lagi di galaksi-galaksi lainnya, bisa saja manusia memang sendirian di alam semesta.

2. Tidak ada alien cerdas: Kehidupan mungkin eksis di luar angkasa, akan tetapi bentuknya bisa jadi hanya mikroba atau hewan. Makhluk yang setara kecerdasannya dengan manusia tidak dapat dijumpai.

3. Alien belum punya teknologi canggih: Saat ini, astronom mengandalkan teleskop radio untuk melacak tanda-tanda alien. Jadi jika spesies alien tidak memancarkan sinyal apapun, kita tak pernah tahu mereka eksis.

4. Alien menghancurkan diri: Apakah dengan senjata pemusnah massal, polusi atau penyakit mematikan, barangkali pernah ada masyarakat alien cerdas namun musnah karena perbuatannya sendiri dan hanya eksis dalam waktu singkat.

5. Planet alien dihancurkan benda antariksa: Kehidupan berpotensi eksis di suatu planet. Akan tetapi karena antariksa adalah tempat mematikan dengan ancaman asteroid atau radiasi bintang, bisa saja terjadi kerusakan yang tak diinginkan.