Kembaran Perseverance Bantu Penjelajahan Mars dari Bumi

Kembaran Perseverance Bantu Penjelajahan Mars dari Bumi

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 07 Sep 2020 07:32 WIB
optimism
Optimism kembaran Perseverance. Foto: NASA
Jakarta -

Bagi para ilmuwan di NASA, meluncurkan robot penjelajah Perserverance ke luar angkasa seperti melepaskan anak pergi kuliah untuk waktu lama. Untungnya ada kembarannya di Bumi yang akan mengobati rasa kangen pada Perserverance, Optimism namanya.

Seperti diketahui, Juli lalu NASA mengirimkan Perseverance ke Mars. Perjalanan menuju Mars ini tentu saja memakan waktu berbulan-bulan. Belum lagi Perseverance harus melakukan misinya menjelajah Planet Merah tersebut.

Sementara Perseverance meluncur menuju Mars, kembarannya Optimism juga punya misi di Bumi. NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) mengatakan, skala penuh dari rekayasa model rover ini lulus tes mengemudi pertamanya pada 1 September.

Tes tersebut berlangsung di sebuah gudang, tetapi posisi Optimism dibuat untuk tantangan yang lebih besar antara lain menanggulangi Mars Yard, simulasi lanskap Mars yang berlokasi di fasilitas JPL di California, Amerika Serikat.

NASA merilis video yang memperlihatkan robot penjelajah versi Bumi ini pindah ke rumah barunya di garasi dekat Mars Yard.

[Gambas:Youtube]



Optimism memiliki tugas penting untuk dilakukan yaitu, menghindari sebanyak mungkin masalah yang tidak terduga setelah Perseverance mendarat di Mars pada 18 Februari 2021.

"Tim ilmuwan NASA membutuhkan sistem rover yang terhubung di Bumi () Earth-bound vehicle system test bed /VSTB) untuk mengukur kinerja software dan hardware sebelum mengirimkan perintah ke Perseverance di Mars," kata NASA.

Model rover baru akan berbagi ruang di Mars Yard dengan Maggie (alat raksasa otomatis Mars untuk rekayasa terintegrasi), model teknik yang mewakili penjelajah Curiosity NASA.

"Misi Curiosity telah belajar dari Maggie yang tidak mungkin dipelajari dengan cara lain. Sekarang kita memiliki Optimism, misi Perseverance diperlengkapi dengan baik untuk mempelajari apa yang mereka butuhkan untuk sukses menjalankan misi di Mars," kata Matt Stumbo dari NASA.

Perseverance sendiri saat ini memiliki misi mencari tanda-tanda kehidupan purba di Mars. Robot penjelajah ini juga membawa serta helikopter eksperimen bersamanya.

Dengan segala kecanggihan yang menjadi bekal perjalanan misinya, Perseverance mewakili teknologi eksplorasi planet terbaru dan terhebat. Dan Optimism sebagai kembarannya di Bumi, akan membantu Perseverance dari jarak jauh dalam menjelajahi Mars.

(rns/afr)