Suasana Benua Sundaland, Bayangkan Saja Savana Baluran

Misteri Benua Sundaland

Suasana Benua Sundaland, Bayangkan Saja Savana Baluran

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 26 Agu 2020 08:18 WIB
Taman Nasional Baluran
Savana di Baluran, disebut mirip suasana Benua Sundaland (Foto: Dok. RedDoorz)
Jakarta -

Sundaland adalah benua yang tenggelam di Indonesia pada akhir Zaman Es. Seperti apa suasananya?

Untuk itu, detikINET bertanya pada Julien Louys, peneliti dari Griffith University, Australia dalam webinar Paleo Talk Institut Teknologi Bandung (ITB), Selasa (25/8/2020). Julien membahas soal koridor savana di Asia Tenggara pada Zaman Es.

Menurut dia, saat Indonesia masih berupa Benua Sundaland, dan semua pulau tersambung daratan, wujudnya adalah padang savana. Ada lanskap savana yang memanjang dari Malaysia, Selat Malaka, Kepulauan Riau dan terus sampai ke Laut Jawa.

Semuanya kini sudah tenggelam di bawah laut sejak 12.000 tahun silam. Apakah padang savana Sundaland ini bisa dibandingkan dengan Taman Nasional Baluran di Jawa Timur?

"Tentu saja bisa, bisa dibilang sama," kata Julien.

Savana di Sundaland di Zaman EsSavana di Sundaland di Zaman Es Foto: (The Conservation)

Koridor savana ini dulunya sampai ke wilayah Sundaland yang sekarang menjadi Jawa Timur. Savana Taman Nasional Baluran menurut Julien adalah sisa dari koridor savana sejak Zaman Es.

"Itu adalah kantung kecil padang rumput alami di Jawa. Ini adalah lingkungan yang bertahan sampai sekarang, begitu kaya (dengan kehidupan -red) dan penting," kata dia.

Savana di Sundaland isinya bukan cuma padang rumput saja, tapi ada juga pepohonan. Namun, pohon-pohon ini tidak rapat layaknya hutan hujan tropis. Persis seperti Baluran sekarang.

Kisah lainnya ada bisa klik Misteri Benua Sundaland, !



Simak Video "Mengamati Kuda di Alam Bebas, Sumbawa"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)