NASA dan SpaceX Akan Kembali Terbangkan Astronaut di Akhir Oktober

NASA dan SpaceX Akan Kembali Terbangkan Astronaut di Akhir Oktober

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 17 Agu 2020 05:19 WIB
SpaceX NASA Crew-1
NASA dan SpaceX Akan Kembali Terbangkan Astronaut di Akhir Oktober Foto: SpaceX
Jakarta -

NASA dan SpaceX akan kembali meluncurkan astronaut menuju International Space Station (ISS) pada 23 Oktober mendatang. Peluncuran kali ini adalah misi penuh pertama setelah misi Demo-2 yang selesai pada awal Agustus lalu.

Misi yang membawa nama Crew-1 ini akan membawa tiga astronaut NASA dan satu astronaut Jepang ke ISS menggunakan kapsul Crew Dragon milik SpaceX. Mereka akan menghabiskan waktu enam bulan di ISS untuk melakukan sejumlah penelitian dan tugas.

Keempat astronaut itu adalah astronaut NASA Mike Hopkins, Victor Glover dan Shannon Walker, serta astronaut JAXA Soichi Noguchi. Roket Falcon 9 milik SpaceX yang akan menerbangkan misi ini telah tiba di Florida sejak bulan Juli, untuk mempersiapkan peluncuran Crew-1.

Dikutip detikINET dari CNBC, Senin (17/8/2020) NASA dan SpaceX sebenarnya menjadwalkan misi ini untuk meluncur pada akhir September. Penundaan hingga sebulan ini disebabkan 'kemacetan lalu lintas' karena kapsul Soyuz milik Rusia juga akan meluncur ke ISS pada bulan Oktober.

NASA juga mengatakan penundaan ini akan memberikan waktu untuk pergantian kru yang ada di ISS. Astronaut dalam misi Crew-1 akan berada di ISS hingga akhir April, akan berdekatan dengan misi Crew-2 yang akan meluncur pada musim panas 2021.

Pengumuman ini dibuat dua minggu setelah selesainya misi Demo-2 yang bersejarah. Saat ini NASA dan SpaceX sedang meninjau data dari misi tersebut, dan misi Crew-1 baru akan mendapatkan lampu hijau untuk meluncur setelah pemeriksaan ini selesai.



Simak Video "Target NASA-SpaceX Usai Pendaratan Mulus Crew Dragon"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)