Ilmuwan Temukan Dinosaurus Baru Saudara T-rex

Ilmuwan Temukan Dinosaurus Baru Saudara T-rex

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 16 Agu 2020 05:55 WIB
dinosaurus baru saudara t-rex
Ilmuwan Temukan Dinosaurus Baru Saudara T-rex Foto: Trudie Wilson/University of Southampton
Jakarta -

Ilmuwan menemukan spesies dinosaurus baru yang masih memiliki hubungan dengan Tyrannosaurus rex. Temuan ini diumumkan setelah ahli paleontologi dari University of Southampton menghabiskan berbulan-bulan untuk meneliti empat fosil tulang yang ditemukan di Inggris.

Fosil tersebut ditemukan di desa Shanklin di Isle of Wight yang berada di pesisir selatan Inggris. Setelah diteliti, ternyata keempat fosil tersebut berasal dari leher, punggung dan ekor milik dinosaurus yang tidak diketahui sebelumnya.

Dikutip detikINET dari CNN, Minggu (16/8/2020) dinosaurus ini memiliki panjang sekitar 4 meter dan termasuk golongan dinosaurus theropod -- kelompok dinosaurus karnivora yang biasanya berjalan dengan dua kaki.

T-rex juga termasuk dalam kategori dinosaurus theropod, yang menjadikannya saudara jauh dari spesies baru ini. Dinosaurus ini hidup di zaman Cretaceous, sekitar 115 juta tahun yang lalu.

Ilmuwan menamakan dinosaurus ini Vectaerovenator inopinatus yang merujuk pada kantung udara berukuran besar yang ada di tulangnya. Kantung udara ini merupakan fitur utama dinosaurus theropod dan membantu ilmuwan untuk mengidentifikasi spesiesnya.

"Kami kaget melihat betapa kosongnya hewan ini -- ia penuh dengan ruang udara. Bagian kerangkanya pasti agak rapuh," kata mahasiswa PhD University of Southampton Chris Barker yang memimpin penelitian ini.

"Catatan tentang dinosaurus theropod dari pertengahan zaman Cretaceous di Eropa tidak begitu bagus, jadi sangat menarik untuk bisa meningkatkan pemahaman kita tentang keragaman spesies dinosaurus sejak waktu ini," sambungnya.

dinosaurus baru saudara t-rexDua dari empat tulang Vectaerovenator inopinatus yang ditemukan Foto: University of Southampton

Keempat tulang ini ditemukan pada tahun lalu oleh tiga kelompok yang berbeda. Salah satunya adalah warga Isle of Wight Paul Farrell yang menemukan tulang ini secara tidak sengaja.

"Saya sedang berjalan di sepanjang pantai, menendang batu dan menemukan sesuatu yang terlihat seperti tulang dinosaurus. Saya sangat terkejut saat mengetahui itu merupakan spesies baru," kata Farrell dalam keterangan resmi yang dirilis.

Dua orang lainnya yang menemukan tulang ini adalah pemburu fosil yang langsung membawa temuannya ke Dinosaur Isle Museum. Isle of Wight memang merupakan lokasi teratas di Eropa untuk menemukan fosil dinosaurus.

Studi ini mengonfirmasi bahwa keempat tulang tersebut berasal dari dinosaurus yang sama, yang kemungkinan tinggal di sebelah utara dari tempatnya ditemukan. Peneliti memperkirakan bangkai dinosaurus ini hanyut ke laut dangkal di dekatnya.

Fosil Vectaerovenator nantinya akan dipamerkan di Dinosaur Isle Museum. Hasil penelitian ini diterbitkan di jurnal Papers in Palaentology.



Simak Video "Ngeri! Ini Dia Beragam Teori tentang Kemusnahan Hidup di Muka Bumi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)