Perusahaan India Siap Produksi Vaksin Corona Murah

Perusahaan India Siap Produksi Vaksin Corona Murah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 10 Agu 2020 17:13 WIB
Serum Institute of India
Foto: Pabrik Serum Institute of India
India -

Serum Institute of India yang berbasis di Pune, Maharashtra, merupakan produsen vaksin terbesar di dunia. Perusahaan ini kini berada di garda terdepan dalam pembuatan vaksin Corona, terutama buatan Oxford University. Bill Gates pun menggelontorkan dana buat mereka.

Setiap tahun, sebanyak 1,3 miliar dosis vaksin diproduksi oleh Serum Institute yang didirikan pada tahun 1966 ini. Vaksin itu bermacam-macam, ada yang buat imunisasi anak-anak, vaksin tubercolosis, sampai polio.

Perusahaan ini memperoleh pendapatan tahunan sampai ratusan juta dolar. Pada tahun 2015, mereka melakukan aksi akuisisi internasional pertamanya dengan membeli perusahaan farmasi yang berbasis di Belanda, Biltthoven Biologicals.

Terkait pandemi Corona, Serum Institute telah bekerjasama dengan perusahaan farmasi asal Inggris, AstraZeneca, untuk memproduksi vaksin buatan Oxford University. Kemudian, mereka juga bermitra dengan perusahaan Novavax asal Amerika Serikat.

Vaksin Oxford termasuk kandidat paling menjanjikan untuk mengendalikan Corona dan Serum Institute siap memproduksi banyak dosis. Rencananya, separuh akan diberikan pada warga India dan separuhnya lagi bagi negara-negara lain.

"Kami telah mengatakan bahwa kami ingin memberikan separuh produksi vaksin kami untuk India dan separuhnya lagi untuk negara lain. Kita perlu memahami bahwa ini merupakan krisis global dan orang di seluruh dunia perlu dilindungi," kata CEO Serum Institute, Adar Poonawalla.

Mengenai jadwal produksi, jika memang vaksinnya terbukti manjur, Serum Institute siap memproduksi beberapa juta dosis pada bulan November sampai Desember tahun ini. Kemudian pada kuartal pertama 2021, mereka bakal membuat sekitar 300 sampai 400 juta dosis.

Nah, Serum Institute baru saja mengumumkan bahwa mereka telah menjalin kesepakatan dengan yayasan milik Bill Gates, Bill & Melinda Gates Foundation, The Vaccine Alliance dan organisasi Gavi, untuk mempercepat produksi dan distribusi sampai 100 juta vaksin Corona buat India dan negara berkembang atau miskin.

Seperti disebutkan, vaksin tersebut adalah buatan Oxford dan Novavax. Harganya dijanjikan tidak akan melebihi USD 3 per dosis sehingga tidak akan membebani. Untuk itu, yayasan Bill Gates memberikan dana USD 150 juta.

"Dalam upaya menjadikan perlawanan pada COVID-19 lebih kuat, Serum Institute telah bermitra dengan Gavi dan Bill & Melinda Gates Foundation untuk memajukan manufaktur dan pengantaran up to 100 juta dosis vaksin Corona masa depan untuk India dan negara berpendapatan rendah dan menengah di 2021," cetus Poonawalla.



Simak Video "Jokowi: RI Dapat Komitmen Vaksin hingga Akhir 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)