Diduga Penyebab Ledakan di Lebanon, Apa itu Amonium Nitrat? - Halaman 2

Diduga Penyebab Ledakan di Lebanon, Apa itu Amonium Nitrat?

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 07:21 WIB
EDITORS NOTE: Graphic content / A helicopter puts out a fire at the scene of an explosion at the port of Lebanons capital Beirut on August 4, 2020. (Photo by STR / AFP)
Ledakan di Beirut, Lebanon diduga karena amonium nitrat. Foto: AFP/STR

Tetapi tidak semua bencana yang melibatkan amonium nitrat adalah kecelakaan. Pupuk mengandung amonium nitrat dikemas ke dalam truk sewaan dan digunakan oleh teroris Timothy McVeigh dan Terry Nichols untuk membunuh 168 orang dalam pemboman di Gedung Federal Alfred P. Murrah di Kota Oklahoma pada 1995.

Bahan kimia itu digunakan lagi dalam pemboman klub malam 2002 di Bali yang menewaskan 202 orang, dalam pemboman Oslo 2011 oleh Anders Behring Breivik yang menewaskan delapan orang, dan dalam berbagai serangan teroris lainnya.

Karena bahaya dan potensi penggunaannya oleh teroris, perdagangan amonium nitrat diatur secara ketat di sebagian besar negara, bahkan ada yang melarang. Salah satu yang menjalankan aturan itu adalah Turki.

Sementara di Indonesia sendiri amonium nitrat merupakan bahan kimia yang pemasukannya diatur dengan ketentuan larangan atau pembatasan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 230/MPP/KEP/7/1997.

(afr/afr)