China dan Pakistan Dituding Sekongkol Bikin Senjata Biologi

China dan Pakistan Dituding Sekongkol Bikin Senjata Biologi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 27 Jul 2020 18:21 WIB
Peneliti
Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Islamabad -

China dan Pakistan dituding bekerja sama menciptakan senjata biologi oleh sebuah website di Australia. Kabar ini pun menyebar cukup luas, seperti di India yang notabene bermasalah dengan China dan Pakistan, sampai akhirnya memicu tanggapan dari kedua negara tersebut.

Website investigasi di Australia, The Klaxon, menyebut bahwa sumber mereka menyatakan Beijing dan Islamabad telah menjalin deal riset selama 3 tahun untuk mengembangkan senjata biologi potensial, termasuk yang melibatkan anthrax.

The Klaxon mengklaim sumber dari kalangan intelijen menyatakan laboratorium Wuhan Institute of Virology telah mendukung fasilitas rahasia di Pakistan dengan uang dan bantuan ilmiah.

"Lab Wuhan telah menyediakan pelatihan intensif untuk memanipulasi pathogen dan informasi biologi pada ilmuwan Pakistan, untuk membantu mereka mengembangkan database virus sendiri," sebut The Klaxon.

Tuduhan meresahkan senjata biologi itu langsung dibantah oleh Pakistan. "Itu adalah berita palsu dan termotivasi politis, membelokkan fakta dan pemalsuan yang berasal dari sumber anonim," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Pakistan yang dikutip detikINET dari Voice of America.

Mereka menegaskan bahwa tidak ada yang dirahasiakan di fasilitas riset yang disinggung dalam artikel tersebut. Pakistan membuatnya untuk riset ancaman kesehatan serta investigasi dan pengawasan wabah penyakit.

Ditegaskan pula bahwa Pakistan mematuhi peraturan internasional dan selalu membagikan temuan risetnya ke dunia internasional. "Usaha untuk melakukan fitnah pada fasilitas itu absurd di tengah pandemi COVID-19, yang membutuhkan kesiapan lebih baik dalam pengawasan dan kontrol penyakit serta kolaborasi internasional," tambah pemerintah Pakistan.

Kedutaan Besar China di Pakistan juga melontarkan sanggahan mereka. "Itu benar-benar tidak bertanggungjawab, bertujuan busuk untuk merusak relasia antara China dan Pakistan," sebut mereka.

Hubungan antara Pakistan dan China memang cukup erat dan belakangan makin meningkat, walau memang bukan di bidang senjata biologi. Beijing telah menggelontorkan miliaran dolar untuk sektor infrastruktur dan energi di Pakistan.



Simak Video "Penembakan Brutal di Bursa Efek Pakistan, 6 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)