Hebatnya Burung Condor, Terbang 172 Km Tanpa Kepakan Sayap

Hebatnya Burung Condor, Terbang 172 Km Tanpa Kepakan Sayap

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 17 Jul 2020 13:22 WIB
Siapa sangka, tanpa kepakan burung Condor Andean bisa melayang di udara sampai 100 mil atau setara 172 kilometer.
Tanpa Kepakan, Burung Condor Bisa Melayang Sampai 172 Km! (Foto: Facundo Vital)
Jakarta -

Ditasbihkan sebagai burung raksasa di Bumi saat ini, burung Condor justru bisa memberikan kejutan. Siapa sangka, burung Condor bisa melayang di udara sampai 100 mil atau setara 172 kilometer tanpa kepakan sayap.

Fakta tersebut diungkap oleh para peneliti di Universitas Swansea yang mengamati burung Condor Andean (Vultur gryphus), spesies burung terbesar di planet ini.

Para peneliti ingin mengetahui bagaimana burung raksasa bisa terbang hingga soal jalur perjalanan udaranya. Untuk menjawab misteri ini, peneliti menyematkan perangkat data perekam di salah satu burung Condor Andean.

Hasilnya, burung pemangsa ini hanya mengepakkan sayap mereka sekitar 1% dari waktu penerbangannya, yang sebagian besar aktivitas itu dilakukan saat akan terbang atau mendarat. Luar biasanya, burung Condor bisa melayang tanpa kepakan sejauh 100 mil atau 172 km.

"Ini menunjukkan bahwa keputusan tentang kapan dan di mana harus mendarat sangat penting, karena burung Condor tidak perlu terbang lagi karena pendaratan yang tidak perlu akan menambah secara signifikan penerbangan keseluruhan mereka," ujar rekan penulis studi Hannah Williams dari Max Planck Institute dilansir dari Cnet, Jumat (17/7/2020).

Hasil studi dari penelitian Universitas Swansea ini telah diterbitkan ke dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.



Simak Video "Satwa Unik Tegal, Burung Peramal"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)