Misteri Bola Api yang Meledak di Langit Tokyo Terkuak

Misteri Bola Api yang Meledak di Langit Tokyo Terkuak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 14 Jul 2020 17:50 WIB
Serpihan Meteor
Serpihan meteor setelah jatuh dalam bentuk bola api. Foto: Kyodo
Tokyo -

Awal bulan Juli ini, langit Tokyo, Jepang diterangi oleh sebuah objek luar angkasa mirip bola api yang meledak. Ledakan ini menimbulkan suara sangat keras sehingga masyarakat yang mendengar langsung ramai di media sosial. Kini jenis obyek itu telah diketahui.

Memang sudah dicurigai bahwa meteor yang menerobos atmosfer jadi 'pelakunya'. Kini dipastikan bahwa dugaan itu benar setelah ditemukan serpihan fragmen meteor sebagai buktinya.

Dikutip detikINET dari Japan Times, serpihan meteor itu jatuh di sebuah kondominium di Narashino, Chiba. Diyakini awalnya berdiameter beberapa centimeter, namun terpecah jadi dua bagian, menurut keterangan National Museum of Nature and Science.

Berat keduanya masing-masing 63 gram dan 70 gram. Seorang perempuan yang tinggal di sana terbangun karena suara keras pada 2 Juli, kemudian menemukan serpihan fragmen bersangkutan di luar kamarnya.

Setelah mendengar kabar heboh ledakan bola api, dia menyimpannya karena curiga benda itu merupakan meteor. Setelah diserahkan pada pihak Museum of Nature and Science, dipastikan bahwa benda tersebut merupakan meteor.

Pihak museum berencana mendaftarkan meteor itu, yang dinamakan Narashino, kepada Meteoritical Society. Andai diterima, maka akan menjadi meteor ke-53 yang didaftarkan berasal dari Jepang.

Saat kejadian, Lembaga Meteor Internasional (International Meteor Organization/IMO) melaporkan bahwa meteoroid itu terlihat dari sebagian besar wilayah Kanto, Jepang.

"Kami dapat menghitung sumber energi asteroid yang masuk sekitar 165 ton atau 150 metrik ton TNT," tulis IMO dalam blog resmi mereka.

Dalam video yang diposting dan beredar luas di Twitter, tampak cahaya spektakuler berwarna hijau keunguan terbang melintasi langit. Peristiwa ledakan bola api tersebut terjadi beberapa detik sekitar pukul 02:30 waktu setempat.



Simak Video "Heboh Kemunculan 'Bola Api Santet' di Langit Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/rns)