Jika Semesta Punya Jam, Detiknya 1 Miliar Triliun Triliun Lebih Cepat

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 14 Jul 2020 16:30 WIB
Jam gantung di dinding. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi detik. Foto: Dikhy Sasra

Di Bumi, kita punya perhitungan jam 1x24 jam. Tapi... jika alam semesta memiliki perhitungan jam juga, hitungan per detiknya bisa lebih cepat dari satu miliar triliun triliun per detik.

Dalam fisika, waktu biasanya dianggap sebagai dimensi keempat. Tetapi beberapa fisikawan berspekulasi bahwa waktu mungkin merupakan hasil dari proses fisik, seperti detak bawaan dari jam itu sendiri.

Jika alam semesta benar-benar memiliki jam fundamental, ia harus berdetak lebih cepat dari satu miliar triliun triliun kali per detik, menurut sebuah studi teoritis yang diterbitkan 19 Juni di Physical Review Letters.

Waktu sendiri merupakan konsep yang kerap diperdebatkan, bahkan dua teori fisika saling bertentangan tentang bagaimana mereka mendefinisikannya. Dalam mekanika kuantum, yang menggambarkan atom dan partikel kecil, waktu adalah suatu hal yang sudah pasti menurut fisikawan Flaminia Giacomini dari Perimeter Institute di Waterloo, Kanada.

Tetapi dalam teori relativitas umum, yang menggambarkan gravitasi, waktu bergeser dengan cara yang aneh. Jam di permukaan Bumi sedikit tertinggal bila dibandingkan dengan jam pada satelit yang mengorbit.

Sebelumnya sudah ada jam atomik. Namun bila dapat ditemukan jam alam semesta atau jam fundamental, waktu Planck mungkin merupakan perhitungan yang masuk akal. Waktu Planck sendiri merupakan waktu yang dibutuhkan cahaya untuk berjalan, dalam vakum, jarak 1 Planck.

Kendati demikian, fisikawan perimeter Bianca Dittrich, yang tidak terlibat dengan penelitian berpikir bahwa mungkin tidak akan pernah ada satu jam fundamental di alam semesta, melainkan beberapa hal yang dapat digunakan untuk mengukur waktu.

Simak Video "Pesan Semangat dari Nadiem Makarim hingga Hanin Dhiya Biar Siap Kuliah"