Wisata Luar Angkasa Makin Mendekati Kenyataan

Wisata Luar Angkasa Makin Mendekati Kenyataan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 28 Jun 2020 06:07 WIB
Pesawat Luar Angkasa Virgin Galactic
Virgin Galactic Semakin Dekat Peluncuran Wisata Luar Angkasa. Foto: Dok. Virgin Galactic
Jakarta -

Virgin Galactic sukses melakukan uji coba lagi penerbangan SpaceShipTwo yang nantinya akan mengantarkan turis menikmati wisata luar angkasa.

Ini merupakan uji penerbangan kedua yang dilakukan perusahaan besutan Richard Branson tersebut. Adapun pencapaian itu dilakukan setelah lepas landas dari Spaceport America di New Mexico, Amerika Serikat (AS).

Tidak seperti uji coba pertama, kali ini Virgin Galactic lebih memfokuskan pada performa pesawat, yang mana pilot menjajal dengan kecepatan tinggi untuk membantu mengevaluasi sistem dan kinerja pesawat.

"Fokus kami untuk tahun ini tetap tidak berubah, untuk memastikan kendaraan dan operasi kami disiapkan untuk layanan penerbangan antariksa secara komersial jangka panjang yang teratur," tutur CEO Virgin Galactic George Whitesides dikutip dari Phys.org, Jumat (26/6/2020).

Pengujian berikutnya, Virgin Galactic akan lebih melibatkan pada penerbangan bertenaga roket. Walau saat ini pengujiannya sudah berada dalam tahap akhir, belum ada pengumuman kapan wisata luar angkasa akan diterbangkan oleh Virgin Galactic.

Mungkin penyebabnya adalah mereka tetap mengutamakan unsur kehati-hatian, sebab menurut pejabat setempat uji penerbangan tersebut harus dianalisis terlebih. Upaya ini agar perjalanan menuju ruang hampa itu berjalan lancar.

Diketahui, SpaceShipTwo yang dikenal VSS Unity diangkut oleh pesawat WhiteKnigtTwo sampai di atas ketinggian 51 ribu kaki atau 15.545 meter. Setelah itu, SpaceShipTwo dilepas yang kemudian melakukan pengujian dan manuver sebelum mendarat kembali.

Untuk menikmati sensasi perjalanan tersebut tidak murah. Virgin Galactic mematok tiket sebesar USD 250 ribu atau Rp3,5 miliar. Kendati begitu, lebih dari 600 orang telah membayar DP untuk jadi penumpang wisata luar angkasa ini.



Simak Video "China Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Tanpa Awak"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)