Ini Dia Mahluk Penghisap Darah Ternak

Ini Dia Mahluk Penghisap Darah Ternak

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 23 Jun 2020 06:05 WIB
Desmodus rotundus in a limestone cave. Kelawar penghisap darah hewan ternak di Amerika Tengah
Kelelawar vampir penghisap darah (Getty Images/iStockphoto/Gabriel Mendes)
Jakarta -

Puluhan ternak mati misterius di Tapanuli Utara, diduga ada makhluk penghisap darah. Entah itu benar atau tidak, tapi kalau hewan penghisap darah ternak memang sungguhan ada.

Pelaku di balik kematian ternak di Tapanuli Utara memang tidak jelas. Warga percaya legenda lokal yaitu makhluk gaib bernama Homang. Sedangkan Bupati Taput Nikson Nababan menduga binatang buas adalah pelakunya, karena ada jejak kaki.


Pertanyaannya, apakah di dunia ini ada mahluk penghisap darah ternak. Kalau yang dicari adalah makhluk binatang, maka jawabannya: ada. Para ahli biologi sudah lama mengakuinya.

Selamat berkenalan dengan kelelawar vampir. Nama ilmiahnya adalah Desmondus rotundus.

Desmodus rotundus in a limestone cave. Kelawar penghisap darah hewan ternak di Amerika TengahDesmodus rotundus, kelelawar penghisap darah hewan ternak (Getty Images/iStockphoto/Gabriel Mendes)


Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, ia adalah mamalia terbang dan bersifat karnivora. Hewan ini sungguhan menghisap darah.

Data dari National Geographic, ukuran kelelawar vampir adalah kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 9 cm, lebar sayapnya 18 cm, beratnya 60 gram. Alias sekepalan tangan.

Kelelawar vampir bisa hidup selama 9 tahun. Data dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) status hewan ini adalah Least Concern atau aman dan tidak terancam kelestariannya.