Misteri Planet Kesembilan yang Bikin Ilmuwan Kebingungan

Misteri Planet Kesembilan yang Bikin Ilmuwan Kebingungan

Tim - detikInet
Minggu, 21 Jun 2020 18:45 WIB
Planet Nine
Ilustrasi planet Nine. Foto: NASA
Jakarta -

Planet Kesembilan, Planet 9, Planet Nine, maupun Planet X adalah sebutan bagi planet yang konon berada jauh di luar Pluto atau bisa dibilang di ujung Tata Surya. Sampai saat ini, ilmuwan masih belum dapat memastikan apakah planet ini benar-benar eksis.

Ia diduga mempengaruhi berbagai obyek di sekitar Sabuk Kuiper, wilayah di Tata Surya berisi benda-benda angkasa purbakala. Lokasinya terbentang luas dari orbit Neptunus sampai ke titik yang jauhnya bisa mencapai 50 AU (astronomical units), atau 50 kali jarak Bumi-Matahari.

Diperkirakan, ia memiliki 10 kali massa Bumi, serta lokasinya 20 kali lebih jauh dibanding jarak antara Matahari dengan Neptunus, yang notabene merupakan planet terluar dalam sistem Tata Surya. Kemungkinan, suhu di planet tersebut sangat dingin.

Terdapat belasan objek batuan bernama Kuiper Belt Objects (KBO) di Kuiper Belt. Nah sebagian orbitnya tidak wajar sehingga ada teori bahwa obyek tersebut dipengaruhi oleh sebuah planet yang dijuluki Planet 9 tersebut.

Intinya, tanda mengenai kemunculan Planet Nine melibatkan objek dari Sabuk Kuiper yang memiliki arah orbit berkebalikan dengan seluruh benda antariksa yang ada di dalam tata surya. Pengaruh orbital dari Planet Nine dapat menjelaskan mengapa objek tersebut dapat bertindak aneh di Sabuk Kuiper.