Fakta Mengagumkan dan Menakutkan Tentang Matahari - Halaman 2

Fakta Mengagumkan dan Menakutkan Tentang Matahari

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 21 Jun 2020 06:16 WIB
foto matahari detail
Matahari. Foto: Paul Andrew via Daily Mail

Masih banyak yang belum terungkap soal Matahari sehingga menjadi salah satu pusat penelitian bagi NASA dan lembaga antariksa lainnya. Wahana andalan NASA yang terbang dekat dengan Matahari dinamai Parker Solar Probe.

Awal tahun ini, Parker Solar Probe berada dalam jarak terdekat dengan Matahari, 18,6 juta km. Ia diluncurkan Agustus 2018 lalu untuk meneliti Matahari sedekat mungkin.

Sebelum Parker diluncurkan, jarak terdekat dengan Matahari yang berhasil dicapai oleh wahana antariksa adalah 43 juta km yang dicatat oleh Helios 2 pada 1976.

Kondisi ekstrim yang dihadapi Parker membutuhkan material khusus dan desain pesawat yang tidak konvensional. Tameng panasnya dari keramik putih, yang dapat menghadapi temperatur sampai 1.400 derajat Celcius

Wahana antariksa Eropa, Solar Orbiter (SolO), tak mau kalah walau masih di belakang. Kabar terbaru, wahana ini sudah berada pada jarak terdekat dengan Matahari, hanya sekitar 77 juta kilometer.

SolO diluncurkan ke ruang angkasa pada Februari dengan misi mendapatkan lebih banyak informasi tentang faktor-faktor yang menentukan perilaku dinamis Matahari kita.

(fyk/fay)