Manjakan Astronaut, Stasiun Luar Angkasa Punya Toilet Baru

Manjakan Astronaut, Stasiun Luar Angkasa Punya Toilet Baru

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 17 Jun 2020 12:18 WIB
Tiga astronaut NASA di ISS
Foto: NASA
Jakarta -

Urusan perut, harus segera difasilitasi. Begitu juga bagi astronaut yang sedang bertugas di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Akhir tahun ini, jika semuanya berjalan dengan baik, sistem toilet terbaru dan lebih baik dari sebelumnya meluncur ke ISS. Toilet yang dinamakan Universal Waste Management System (UWMS) itu akan dikirim oleh NASA.

Sebagaimana dikutip dari Cnet, Rabu (17/6/2020) toilet yang ada sekarang di ISS itu dirancang era 90-an. Dengan kebutuhan zaman saat ini, tentunya tempat jamban itu sudah terlalu 'tua' untuk astronaut yang punya misi visioner.

Bagaimana tidak, toilet jadul itu acapkali membuat astronaut tidak tenang, karena tidak memudahkan untuk buang air kecil dan buang air besar. Alat ini juga dinilai tidak ramah untuk kru, laki-laki dan perempuan.

Akhir tahun ini, jika semuanya berjalan dengan baik, sistem toilet terbaru dan lebih baik dari sebelumnya meluncur ke ISS. Toilet yang dinamakan Universal Waste Management System (UWMS) itu akan dikirim oleh NASA.Akhir tahun ini, jika semuanya berjalan dengan baik, sistem toilet terbaru dan lebih baik dari sebelumnya meluncur ke ISS. Toilet yang dinamakan Universal Waste Management System (UWMS) itu akan dikirim oleh NASA. Foto: NASA

Berangkat dari persoalan tersebut, desain toilet pun diciptakan dan terlahirlah UWMS. Sistem toilet terbaru memiliki sejumlah keunggulan, massa lebih rendah dari sebelumnya, mudah digunakan, meningkatkan kenyamanan dan kinerja kru ISS, hingga menyalurkan urin yang dapat diproses dengan aman oleh sistem daur ulang pesawat ruang angkasa, begitu kata NASA.

Dari desain yang sudah bisa dilihat, terdapat alat untuk menyelesaikan 'panggilan alam' yang mana di sebelah ada tangki penyimpanan urin.

Kendati begitu, NASA masih perlu mengatasi sistem toilet tersebut, yakni merancang dengan opsi penyimpanan limbah yang lebih besar, mengingat NASA memiliki misi panjang, seperti mengeksplorasi Mars.

Bagaimana menurut detikers desain sistem toilet di ISS ini?



Simak Video "Tersandung hingga Terjatuh, Tingkah Astronaut saat Mendarat di Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)