Ramalan Suram Masa Depan Bumi dan Ambisi Pindah Planet - Halaman 2

Ramalan Suram Masa Depan Bumi dan Ambisi Pindah Planet

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 10 Jun 2020 13:19 WIB
Foto Bumi Bulat
Planet Bumi dilihat dari antariksa. Foto: NASA

2. Elon Musk

Pindah ke planet Mars bukanlah impian yang jauh di awang-awang. Setidaknya demikian pandangan dari Elon Musk, triliuner pemilik perusahaan kapal luar angkasa SpaceX. Ia sangat yakin kolonisasi Mars bisa dilakukan dalam waktu yang tak begitu lama.

"Aku ingin membuat Mars terasa mungkin (dihuni-red), sesuatu yang bisa kita lakukan dalam jangka waktu hidup kita. Sungguh ada jalan orang-orang bisa pergi ke sana jika mereka menginginkannya," sebut Elon dalam publikasinya di jurnal New Space beberapa waktu silam.

Menurut Elon, manusia pada akhirnya akan menghadapi peristiwa yang berujung kepunahan. Sehingga alternatifnya adalah menghuni planet-planet di tata surya yang memungkinkan.

"Aku memang tidak bisa meramal kiamat namun berdasarkan sejarah, akan ada event semacam itu," tulis salah satu orang terkaya dunia tersebut.

Dan sejauh ini hanya Mars yang sepertinya mungkin ditinggali karena sumber daya alamnya banyak serta ada beberapa kemiripan dengan planet bumi. Tapi memang banyak sekali halangan, misalnya belum ada pesawat luar angkasa berpenumpang manusia sampai di sana.

Kalaupun ada, biayanya diprediksi sangat mahal. Tapi bukan Elon namanya kalau tidak optimistis. Ia yakin semua tantangan itu ada solusinya sehingga manusia bisa membangun perkotaan di planet merah.

"Jika semuanya berjalan sangat lancar, mungkin waktunya 10 tahun dari sekarang, tapi aku tidak mengatakan benar-benar akan terjadi saat itu. Ada risiko begitu besar dan biaya tinggi," paparnya.

Setelah SpaceX sukses meluncurkan astronaut NASA memakai kapsul Crew Dragon ke International Space Station, Elon Musk sang pemilik beralih fokus ke proyek ambisius mempersiapkan pesawat Starship untuk menuju ke Mars. "Tolong anggaplah prioritas top SpaceX adalah Starship," tulis Musk.