SpaceX Sukses 'Daratkan' Astronaut NASA ke Stasiun Antariksa

SpaceX Sukses 'Daratkan' Astronaut NASA ke Stasiun Antariksa

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 01 Jun 2020 08:00 WIB
Astronaut NASA
Astronaut Robert Behnken dan Douglas Hurley di ISS (kanan). Foto: AP
Jakarta -

Setelah menempuh perjalanan sekitar 19 jam, astronaut Robert Behnken dan Douglas Hurley tiba dengan selamat di International Space Station (ISS). Mereka telah keluar dari kapsul Crew Dragon dan memasuki ruangan stasiun luar angkasa tersebut.

Kedua astronaut NASA diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida menggunakan roket Falcon 9 besutan SpaceX. Ini adalah pertama kalinya selama hampir 1 dekade astronaut NASA diterbangkan di tanah Amerika menggunakan wahana buatan Amerika.

Pesawat Crew Dragon bergabung dengan ISS dan menjalani beberapa tahap seperti menghubungkan daya listrik dan memastikan keduanya berpadu sempurna sebelum Behnken dan Hurley masuk. Keduanya direncanakan berada di ISS satu sampai 3 bulan.

"Sungguh sebuah kehormatan untuk menjadi bagian kecil dari usaha keras selama 9 tahun sejak terakhir kali Amerika Serikat berlabuh di ISS," kata Behnken setibanya di ISS.

"Kita harus mengucapkan selamat pada pria dan wanita di SpaceX, usaha luar biasa mereka dalam beberapa tahun belakangan untuk membuat hal ini mungkin," imbuh dia, dikutip detikINET dari CNBC.

Kedua astronaut yang baru tiba bergabung dengan tiga koleganya yang sudah berada di ISS. Dua berasal dari Rusia dan seorang astronaut AS.

"Seluruh dunia menyaksikan misi ini dan kami sangat-sangat bangga dengan semua yang telah kalian lakukan bagi negara ini dan menginspirasi dunia," sebut adminstrator NASA, Jim Bridenstine.

Dalam kurun waktu 9 tahun, AS memutuskan menyewa pesawat Soyuz dari Rusia untuk menerbangkan astronautnya. Kini mereka mulai mandiri seperti zaman dulu dan membuka era baru bisnis antariksa.



Simak Video "NASA Tunda Peluncuran Roket SpaceX Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)