9 Hewan Raksasa yang Pernah Berdampingan dengan Manusia

9 Hewan Raksasa yang Pernah Berdampingan dengan Manusia

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 29 Mei 2020 08:20 WIB
argentavis
Burung raksasa Argentavis. Foto: Wangyonglee licensed CC BY-SA 3.0/GFDL from Wikimedia Commons
Jakarta -

Sulit dipercaya, tapi orang-orang zaman dulu pernah berbagi tempat dengan para megafauna alias hewan raksasa ini.

Jika hewan berukuran besar yang dikenal manusia sekarang mungkin hanyalah gajah, orang zaman dulu menemui lebih banyak hewan raksasa yang ukurannya lebih besar dari gajah.

Megafauna ada di setiap benua dan berbagai negara, di masa ketika pemukiman belum meluas, tanpa ada gangguan dari manusia, hewan bebas berevolusi menjadi beberapa bentuk yang benar-benar menakjubkan.

Berkut ini 9 megafauna yang pernah menghuni Bumi dan kini punah, seperti dikutip dari Mother Nature Network.

argentavisUkuran burung Argentavis sebesar pesawat Cessna. Foto: Wangyonglee licensed CC BY-SA 3.0/GFDL from Wikimedia Commons

1. Argentavis

Argentavis magnificens secara harfiah berarti burung Argentina yang luar biasa. Burung ini dulu banyak hidup di Argentina dan wilayah Amerika Selatan.

Sebagai gambaran, rata-rata tingginya burung ini dua meter, dan panjang sayapnya tujuh meter. Kira-kira hampir sebesar pesawat Cessna 152.

megafaunaSmilodon. Foto: Istimewa

2. Smilodon

Kucing bertaring tajam menjadi pemangsa di seluruh dunia selama 42 juta tahun sampai mereka punah sekitar 10.000 tahun lalu. Mereka telah berevolusi menjadi beberapa garis keturunan, dan salah satu keluarga itu adalah Smilodon dan terdiri dari tiga subspesies: Smilidon fatalis, Smilodon gracilis dan populator Smilodon.

Smilodon berasal dari kata Yunani yang berarti 'pisau' dan 'gigi'. Penamaan ini sesuai dengan penampakan mereka karena punya taring besar dan melengkung yang panjangnya mencapai 28 sentimeter. Kucing hutan raksasa yang menakutkan ini hidup di hutan Amerika Utara, Selatan dan Tengah.

megafaunaMegatherium. Foto: Istimewa

3. Megatherium

Disebut juga sebagai kungkang tanah raksasa, Megatherium dulu tinggal di Amerika Utara dan Amerika Selatan sekitar 2,6 juta hingga 11.700 tahun yang lalu.

Megatherium merupakan salah satu mamalia terbesar yang pernah ada. Dengan berat hingga 4.000 kilogram, Megatherium tampak seperti kungkang, tetapi sebesar dan seberat gajah.

Jadi, jika dibandingkan dengan kungkang yang kita kenal sekarang, yang biasa memanjat pohon untuk makan daun, megatherium sudah menciut sangat jauh.

megafaunaWooly Rhinoceros. Foto: Istimewa

4. Wooly Rhinoceros (Badak Berbulu)

Kalian mungkin pernah mendengar tentang mammoth berbulu. Nah, ini adalah salah satu temannya, Wooly Rhinoceros atau badak berbulu. Panjangnya tiga meter dan beratnya berkisar antara 1.800 hingga 2.700 kilogram.

Wooly Rhinoceros berkeliaran di Bumi sejak akhir Zaman Es hingga sekitar 8.000 SM. Beberapa peneliti percaya bahwa penyebab kepunahan mereka adalah karena perubahan iklim pada 10.000 SM.

Ada juga pendapat peneliti yang percaya bahwa manusia purba memburu populasi badak berbulu. Pada beberapa lukisan yang ditemukan di gua kuno, makhluk berbulu tampak diabadikan.