New Normal, PP-IPTEK di TMII Sudah Siapkan VR Buat Belajar Sains

New Normal, PP-IPTEK di TMII Sudah Siapkan VR Buat Belajar Sains

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 28 Mei 2020 14:24 WIB
Gerhana matahari cincin pp iptek
Kegiatan seru yang bisa dilakukan di PP-IPTEK, salah satunya melihat fenomena gerhana Matahari (Foto: detikINET/Aisyah Kamaliah)
Jakarta -

Kebijakan pemerintah untuk memulai New Normal setelah melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) membuat banyak tempat kembali di buka seperti mal pada 5 Juni mendatang. Pusat Peraga IPTEK di TMII pun sudah bersiap untuk buka lagi dan menjamin tempatnya menjalankan protokol pencegahan COVID-19 serta -- menyiapkan VR untuk sarana belajar sains yang asyik, wih!

"Kami mulai rindu seperti semula, walaupun kami tahu traumatik masih ada. Barangkali Ibu/Bapak tidak mau melepas anak ke sini. Kami pastikan kami menjalakan protokol pencegahan COVID-19, kita terapkan dari awal buka. Kebersihan kita akan selalu semprot (disinfektan --red) jadi yang berkunjung ke PP-IPTEK akan aman," ujar M Syachrial Annas, Direktur PP-IPTEK dalam konferensi pers, Rabu (27/5/2020).

Tentunya PP-IPTEK masih menunggu izin dari pemerintah untuk pembukaan kembali. Namun pihaknya mengaku sudah menyiapkan peraturan seperti pengaturan jarak aman, pengadaan tempat untuk cuci tangan, dan memastikan alat peraga aman dari risiko penularan mengingat tempatnya merupakan tempat orang berkumpul.

Kabar baiknya, PP-IPTEK juga akan menyiapkan alat peraga baru seru berupa VR! Wah, bakal asyik nih.


"Kami akan luncurkan beberapa alat peraga baru dengan high tech lewat VR, jadi ada macam-macam materi. Bisa soal biologi, kekayaan alam, sehingga anak ke sini terbayarlah dan satu kali lagi saya sampaikan Insya Allah aman," tuturnya.

Putu Lia Suryaningsih Ka Sub Divisi Program & Pendidikan PP-IPTEK menyambung bahwa dari PP-IPTEK sendiri sudah memiliki wahana untuk belajar mengenai Flu Burung.

"Kita ada puppet show yang ceritanya untuk anak usia dini. Kami akan bercerita cara menghadapi COVID-19 pada anak usia PAUD dan bisa belajar di cluster flu burung," kata Lia.

PP-IPTEK juga tidak menutup kemungkinan membuat alat peraga terkait COVID-19 akan dihadirkan sebagai bahan edukasi masyarakat.



Simak Video "Tunjungan Plaza Menuju New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)