NASA Disebut Temukan Dunia Paralel, Ini Faktanya - Halaman 2

ADVERTISEMENT

NASA Disebut Temukan Dunia Paralel, Ini Faktanya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 23 Mei 2020 03:05 WIB
Dunia Paralel
Ilustrasi. Foto: Instagram/Guido Ruiz

"Setelah 4 tahun tidak ada penjelasan yang memuaskan soal peristiwa anomali yang dilihat oleh ANITA itu sehingga hal ini sangat bikin frustrasi, terutama bagi mereka yang terlibat," imbuhnya.

Observatorium pengamat neutrino lain di Kutub Selatan bernama Ice Cube juga mengikuti penelitian ANITA dan membenarkan bahwa hukum fisika standar tak dapat menjelaskan fenomena aneh itu.

Namun demikian, bukan berarti lantas langsung dapat dipastikan ada dunia paralel dengan waktu terbalik dari dunia kita. Ada beberapa teori lain, misalnya es Antartika kemungkinan memberi pengaruh di peristiwa itu.

"Tidak ada satupun hal yang benar-benar membuat peristiwa itu merupakan deteksi sebuah alam paralel," cetus Pat Scott, ahli fisika dari University of Queensland.

Clancy James, pakar dari University of Sydney juga berpendapat demikian. Banyak yang belum diketahui soal neutrinos sehingga mungkin perlu penjelasan fisika baru. "Kita sungguh yakin ada hukum fisika baru yang ada di luar sana untuk ditemukan," cetusnya.

Tak berarti teori dunia paralel bisa sepenuhnya dikesampingkan, tapi hanya satu dari beberapa kemungkinan penjelasan. "Walau dunia paralel terdengar menarik dan seksi saat membicarakan sinyal ANITA, ide alternatif masih ada," sebut Geraint Lewis dari University of Sydney.

(fyk/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT