Robot Pepper Ingatkan Orang-orang Pakai Masker

Robot Pepper Ingatkan Orang-orang Pakai Masker

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 05 Mei 2020 11:14 WIB
robot pepper
Robot Pepper Ingatkan Orang-orang Pakai Masker. (Foto: BGR)
Jakarta -

Pemerintah Jepang menerapkan pendekatan unik dalam upaya memerangi penyebaran COVID-19. Mereka mempekerjakan robot untuk mengawasi dan mengingatkan orang-orang agar menggunakan masker.

Untuk diketahui, di Tokyo, sejumlah hotel dimanfaatkan untuk menampung dan merawat pasien virus corona dengan gejala ringan. Di sinilah robot ikut dipekerjakan.

Robot bernama Pepper ditugaskan berjaga di lobby hotel dan menyapa pengunjung. Teknologi pengenalan wajah yang dibenamkan pada robot Pepper membuatnya bisa mengenali orang yang tidak mengenakan masker.

"Tolong gunakan masker. Saya harap Anda lekas sembuh," kata robot Pepper jika dia bertemu dengan orang yang tidak mengenakan masker.

Robot bermata lebar ini juga menghibur pasien dengan selalu berkata positif dan menularkan semangat. Misalnya, "Saya ikut berdoa agar penyebaran penyakit ini segera berakhir" atau "Mari kita bersama satukan hati dan melawan ini semua bersama."

Dikutip dari Boys Genius Report, robot Pepper dirilis tahun 2014 dan sudah sering digunakan sebagai robot penerima tamu di berbagai gedung perkantoran di berbagai negara untuk menyapa pengunjung.

Berkat teknologi pengenalan wajah yang dibenamkan padanya, robot Pepper bisa mengidentifikasi pengunjung, bahkan mendeteksi emosi berdasarkan pola suara dan ekspresi wajah.

Robot Pepper memang tidak dirancang untuk membantu manusia mengerjakan sebuah pekerjaan. Namun robot ini sangat berguna untuk menghibur orang, terutama untuk menjaga kesehatan mental pasien di masa pandemi COVID-19.

[Gambas:Youtube]



(rns/fay)