Teori Mengejutkan Asal Usul Benda Angkasa Misterius Oumuamua - Halaman 2

Teori Mengejutkan Asal Usul Benda Angkasa Misterius Oumuamua

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 15 Apr 2020 13:09 WIB
Oumuamua (European Southern Observatory/ESP/M Kornmessera)
Wujud Oumuamua. Foto: European Southern Observatory/ESP/M Kornmesser

"Oumuamua memang benar-benar tidak seperti apapun di Tata Surya kita. Permukaannya yang kering, bentuk tidak biasa dan gerakannya memang membuat beberapa alien bertanya-tanya apakah ini alien," ujar Zhang.

"Ini sungguh obyek misterius namun beberapa tanda seperti warna dan tidak adanya emisi radio menandakan Oumuamua adalah obyek alami," sambung dia.

Sebelumnya dalam penelitian yang dipublikasikan di Nature Astronomy, disebutkan batu ini bergerak di sistem tata surya dalam cara yang aneh dan belum ada penjelasan yang memuaskan soal itu.

"Pergerakan Oumuamua tidak mengikuti gravitasi melalui orbit parabola seperti halnya asteroid. Secara visual ia juga tidak pernah menampilkan karakteristik seperti komet," sebut Dr Matthew Knight, pakar astronomi dari University of Maryland.

Dengan kata lain, Oumumua tidak menampakkan ciri-ciri seperti asteroid ataupun komet. Karena itu, ia belum punya sebutan pasti selain batu angkasa.

Oumuaua memiliki warna gelap kemerahan karena radiasi jutaan tahun dari sinar kosmis, mirip dengan obyek yang ditemukan di Kuiper Belt, yang berada di sisi luar Tata Surya. Namun orbit dan bentuknya memastikan batu ini berasal dari lokasi yang lebih jauh.

(fyk/fyk)