SpaceX Cari Dana Rp 3,4 Triliun Demi Proyek Antariksa Ambisius

SpaceX Cari Dana Rp 3,4 Triliun Demi Proyek Antariksa Ambisius

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 23 Feb 2020 21:10 WIB
Starship
Wujud roket Starship besutan SpaceX. Foto: Reuters
Jakarta -

Perusahaan antariksa SpaceX, dikabarkan mencari dana segar dari investor senilai USD 250 juta atau di kisaran Rp 3,4 triliun. Uang akan digunakan untuk mendanai tiga proyek ambisius antariksa mereka.

Dikutip detikINET dari CNBC, kucuran dana segar ini akan membuat valuasi SpaceX menjadi USD 36 miliar dari sebelumnya USD 33,3 miliar. Putaran pendanaan terbaru ini diharapkan dapat berakhir bulan Maret.

Ketika dikonfirmasi, perusahaan milik Elon Musk itu tidak berkomentar. Tahun silam, SpaceX secara total mengumpulkan dana segar USD 1,33 miliar dalam tiga putaran pendanaan.

Saat ini, SpaceX mengerjakan tiga proyek penting sehingga membutuhkan banyak uang. Proyek tersebut adalah Crew Dragon, Starlink serta Starship.

Crew Dragon adalah pesawat antariksa yang dibuat untuk mengantar astronaut NASA ke International Space Station (ISS). Crew Dragon sekarang sedang dalam tahap uji coba intensif.

Kemudian Starlink adalah program menyediakan akses internet global melalui satelit-satelit kecil yang dapat memancarkan internet kecepatan tinggi. Rencananya, bakal diluncurkan 12 ribu satelit dalam proyek ini.

Terakhir, Starship merupakan nama roket generasi terbaru SpaceX. Mungkin inilah proyek mereka yang paling ambisius lantaran ditujukan untuk mengantar manusia ke Bulan dan Planet Mars.



Simak Video "Proyek Ambisius NASA Gandeng Tom Cruise Syuting Film di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

Berita Terpopuler

Berita Terpopuler