Minggu, 23 Feb 2020 05:50 WIB

Bintang Paling Terang Dipastikan Akan Meledak, Ini Dampaknya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Betelgeuse Foto terkini bintang Betelgeuse. Foto: CNN
Jakarta -

Betelgeuse merupakan salah satu bintang paling besar dan paling terang di langit malam. Ia menjadi pusat perhatian lantaran mendadak meredup dan setelah diamati, dipastikan Beteleguse akan meledak.

Betelgeuse yang tidak seterang biasanya bukanlah peristiwa biasa-biasa saja. Ia sudah mendekati fase mendekati akhir hidupnya, akan meledak dalam bencana besar di antariksa yang disebut sebagai supernova.

"Betelgeuse akhirnya akan meledak sebagai sebuah supernova, menghancurkan simpanan elemen-elemen beratnya ke galaksi kita, menyediakan material mentah untuk generasi bintang masa depan," sebut NASA.

"Ledakan itu mungkin terjadi malam ini, atau ratusan ribu tahun lagi, atau mungkin saja sudah kejadian dan kita belum menyaksikannya. Terus lihatlah, kalian mungkin akan menyaksikan sinar pada momen Betelgeuse melemparkan dirinya kembali di antara bintang-bintang," tambah NASA.

Bintang raksasa ini dapat dilihat oleh mata telanjang dan terletak di konstelasi Orion. Biasanya, menurut kekuatan sinarnya, Betelgeuse merupakan bintang kesepuluh paling terang di langit malam. Namun karena meredup, peringkat itu terus turun.

Lalu seandainya terjadi ledakan, bagaimana dampaknya, terutama bagi planet ini? Dapat dipastikan ledakan dahsyat bintang itu takkan membahayakan Bumi karena letaknya yang sangat jauh.

Selanjutnya
Halaman
1 2