Berbagai Skenario 'Kiamat' Planet Bumi Menurut Sains - Halaman 2

Berbagai Skenario 'Kiamat' Planet Bumi Menurut Sains

Aisyah Kamaliah - detikInet
Sabtu, 22 Feb 2020 06:07 WIB
Cahaya di Bumi
Berbagai Skenario 'Kiamat' Planet Bumi Menurut Sains. Foto: NASA

3. Serangan aster

Berdasarkan pengamatan sisa planet yang ditemukan di sekitar bintang-bintang lain, Raymond menghitung bahwa sekitar 1 miliar planet mirip Bumi di galaksi pada akhirnya akan dihancurkan oleh pembombardiran asteroid.

4. Perubahan Matahari

Bintang seperti Matahari memberi planet yang bisa dihuni lebih banyak waktu untuk bertahan hidup dengan air. Tetapi suhu Matahari juga berubah, perlahan-lahan menjadi lebih terang selama miliaran tahun.

Dalam satu miliar tahun, kata Raymond, planet ini tidak lagi berada di zona layak huni sebab air tidak lagi akan tetap cair di permukaan bumi. Sebaliknya, planet ini akan mengalami efek rumah kaca yang cepat dan akhirnya berakhir seperti Venus.

Ketika bintang seperti Matahari mencapai 10 miliar tahun, ia akan kehabisan hidrogen dan meluas ke suatu tempat antara 100 dan 200 kali ukurannya saat ini. Di tata surya, Venus dan Merkurius akan ditelan oleh bintang, sementara gravitasi Matahari yang berubah akan mendorong Mars dan planet-planet luar semakin jauh. Bumi berada tepat di tepian dan bisa mengalami nasib buruk

(ask/fay)