Kamis, 30 Jan 2020 16:00 WIB

Mengagumkan, Ini Potret Permukaan Matahari yang Paling Jelas

Fino Yurio Kristo - detikInet
Permukaan Matahari Permukaan Matahari. Foto: istimewa
Hawaii -

Teleskop anyar nan canggih, Daniel K Inouye Solar Telescope, baru saja merekam gambar permukaan Matahari. Tak sembarang gambar melainkan penampakan permukaan bintang kita itu yang paling detail.

"Itu adalah gambar resolusi tertinggi permukaan Matahari yang pernah diambil," kata Thomas Rmmele, direktur proyek teleskop Matahari itu.

Gambar ini menampakkan permukaan Matahari seperti barisan nugget berwarna emas. Meski hanya bagian kecil Matahari, masing-masing ukurannya sama seperti negara Prancis.

Di tengahnya merupakan pusat pelepasan panas yang hebat di Matahari, dengan suhu hampir 6.000 derajat Celcius. Adapun di sekelilingnya yang terlihat gelap adalah tempat di mana plasma Matahari mendingin.

Dikutip detikINET dari Guardian, teleskop DKIST merupakan fasilitas teleskop baru yang terletak di gunung berapi wilayah Maui, Hawaii, di ketinggian 3.000 meter. Kaca utamanya setebal 4 meter adalah yang paling besar di antara teleskop Matahari lain.

Teleskop tersebut digunakan untuk mempelajari tentang Matahari lebih dalam. Khususnya agar ilmuwan bisa lebih akurat dalam memprediksi space weather atau cuaca antariksa yang berasal dari Matahari.

Emisi besar dari Matahari diketahui dapat merusak satelit, membahayakan astronaut dan mengganggu komunikasi. Gangguan tentu dapat diminimalisir jika prakiraan terjadinya lebih akurat.

"Di Bumi, kita sudah dapat memprediksi terjadinya hujan di manapun di dunia sedangkan cuaca antariksa belum seperti itu," kata Matt Mountain dari Association of Universities for Research in Astronomy.



Simak Video "Selain Teleskop, Ini Media Pengamatan Gerhana Matahari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)