Selasa, 28 Jan 2020 07:21 WIB

Ini Dia Planet Terpanas, Suhunya Tembus 4.300 Derajat Celcius!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Planet Gula Kapas Ilustrasi planet. Foto: NASA
Jakarta -

Peneliti di NASA tengah mendalami sebuah planet yang baru ditemukan, namanya KELT-9B. Planet ini mempunyai suhu yang sangat ekstrim, mencapai 4.300 derajat Celcius.

KELT-9B adalah planet dengan suhu tertinggi saat ini, bahkan suhunya ini lebih panas dari kebanyakan bintang yang ada, demikian dikutip detikINET dari Digital Trends, Selasa (28/1/2020).

Ukuran planet yang baru ditemukan ini sekitar tiga kali lipat Jupiter, dan suhunya yang sangat ekstrim itu bisa sampai memecah molekul hidrogen yang ada di atmosfernya.

"Planet ini saking panasnya bisa memecah molekul yang ada di atmosfernya," tulis NASA.

Sisi terpanas planet ini ada pada bagian yang menghadap bintang, atau bisa dibilang pada sisi 'dayside'. Molekul hidrogen yang hancur akibat panasnya itu berterbangan ke sisi yang jauh dari bintang -- namanya nightside -- dan kemudian berubah kembali menjadi hidrogen dan kembali pindah ke bagian dayside.

"Planet semacam ini punya temperatur sangat ekstrim, dan agak terpisah dari exoplanet lain. Ada juga Jupiter lain yang panas dan sangat panas, meski suhunya tak setinggi (KELT-9B) namun cukup panas untuk menimbulkan efek yang sama," ujar Megan Mansfield, mahasiswa University of Chicago yang menuliskan makalah soal temuan ini.

Penelitian mengenai atmosfer di exoplanet semacam ini bisa dilakukan menggunakan teleskop Spitzer milik NASA, yang bisa menangkap suhu yang bervariasi pada atmofer exoplanet menggunakan gelombang infra merah.

Planet yang jaraknya 670 juta tahun cahaya dengan temperatur yang sangat tinggi ini membuat NASA bisa memastikan kalau KELT-9B adalah planet yang tak akan bisa ditinggali sampai kapan pun.

Ini Dia Planet Terpanas, Suhunya Tembus 4.300 Derajat Celcius!


Simak Video "Bocah Magang di NASA Temukan Planet Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)