Ayo Bantu NASA Pilih Nama untuk Rover Mars 2020

Ayo Bantu NASA Pilih Nama untuk Rover Mars 2020

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 22 Jan 2020 20:45 WIB
Ayo Bantu NASA Pilih Nama untuk Rover Mars 2020 Foto: NASA
Jakarta -

NASA bersiap untuk meluncurkan kendaraan penjelajah (rover) barunya menuju Mars pada paruh kedua tahun ini. Tapi rover tersebut belum diberi nama resmi dan hanya dikenal sebagai rover Mars 2020.

Untuk menamai rover tersebut, NASA telah mengadakan kontes khusus. Setelah menerima lebih dari 28.000 nama dan esai dari pelajar TK hingga SMA di AS, NASA kini mengumumkan sembilan nama yang telah masuk dalam daftar pendeknya.



Dilansir detikINET dari Space, Rabu (22/2/2020) NASA pun meminta bantuan publik untuk memilih nama yang akan digunakan rover tersebut. Untuk memilih nama favorit kalian, ikuti voting di sini sebelum tenggat waktu pada 28 Januari mendatang.

Dalam halaman voting tersebut kalian juga bisa membaca esai yang ditulis masing-masing pelajar berhasil masuk dalam daftar ini. Adapun sembilan nama yang terpilih dalam daftar pendek ini adalah:

- Courage
- Clarity
- Endurance
- Perseverance
- Tenacity
- Vision
- Ingenuity
- Promise
- Fortitude

Saat ini sudah ada lebih dari 60.000 suara yang masuk, dengan 129 suara datang dari Indonesia. NASA akan mengumumkan nama final yang terpilih pada Maret 2020.

"Kontes ini akan berakhir di akhir Maret 2020, bersamaan dengan diumumkannya nama rover - dan nama pelajar di baliknya - diumumkan," kata NASA dalam keterangan resminya.

"Pemenang hadiah utama juga akan mendapat undangan untuk melihat peluncuran wahana antariksa pada Juli 2020 dari Cape Canaveral Air Force Station di Florida," sambungnya.



Rover Mars seukuran mobil ini dijadwalkan mendarat di Kawah Jezero pada Februari 2021. Rover ini akan melakukan beragam tugas di Planet Merah, termasuk mencari tanda kehidupan kuno, menguji teknologi yang bisa membantu eksplorasi manusia di Mars dan mengumpulkan sampel untuk dikembalikan ke Bumi.

Kontes menamakan rover sendiri merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak lama. Semua rover Mars yang dikirim NASA diberi nama oleh anak-anak seperti Sojourner yang diluncurkan tahun 1996, Spirit dan Opportunity yang diluncurkan tahun 2003 dan Curiosity yang mendarat di Mars pada 2012.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)