Rabu, 15 Jan 2020 18:12 WIB

Pajang Foto Bumi Bulat, Astronaut Dicibir Penganut Bumi Datar

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bumi dari antariksa. Foto: NASA
Jakarta - Dari lokasinya di stasiun luar angkasa International Space Station (ISS), astronaut dapat melihat keindahan Bumi dengan leluasa. Kadang mereka menjepretnya dan membagi ke media sosial.

Seperti yang dilakukan oleh astronaut Jessica Meir yang memajang foto Bumi di akun Twitter-nya. Banyak yang mengagumi walau ternyata ada juga beberapa tweet tanggapan dari penganut Bumi datar yang tak mempercayainya.

"Lalu lintas konstan dari wahana yang berkunjung membuat pemandangan yang beragam," tulisnya, dikutip detikINET dari Mirror.




Terlihat di foto itu beberapa jenis wahana merapat di ISS. Sementara di latar belakang, planet Bumi tampak bulat, berwarna biru dengan arak-arakan awan putih. Banyak yang terpana, terbukti sudah ada 2,6 ribu Like datang.

Beberapa tweet menanggapi bahwa foto yang ia posting tidak membuktikan bahwa Bumi wujudnya bulat. "Nice try, tapi Bumi kan bulat," kicau seorang netizen.

"Jepretan itu menggunakan lensa fish eye. Membuat Bumi terlihat bulat. Padahal sebenarnya Bumi adalah datar," sebut penganut Bumi datar yang lain.

"Jadi, dari jarak 400 kilometer di atas Bumi Anda bisa melihat seluruh Bumi bulat? Yeah, sangat bisa dipercaya," sebut sebuah cuitan sarkas.


Meski bukti-bukti tak terbantahkan Bumi itu bulat, memang masih ada yang yakin Bumi berbentuk datar. Oktober silam, astronaut Uni Emirat Arab, Hazza Al Mansouri yang 8 hari berada di stasiun luar angkasa International Space Station (ISS) mengungkap apa yang ia saksikan.

Saat ditanya dalam konferensi pers soal bentuk Bumi, Hazza meyakinkan bahwa Bumi tak datar. "Ia (Bumi-red) bulat, saya telah melihat sendiri dengan mata saya sehingga saya dapat mengatakannya pada Anda," jawabnya.

Simak Video "Christina Koch, Astronaut yang Kembali Setelah 328 Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)