Senin, 13 Jan 2020 14:38 WIB

Bahaya! Planet Jupiter Lemparkan Asteroid dan Komet ke Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Planet Jupiter. Foto: NASA
Jakarta - Planet Jupiter dianggap sebagai pelindung Bumi dari terjangan asteroid ataupun komet. Akan tetapi penelitian terbaru dari ilmuwan ini mengklaim bahwa di sisi lain, Jupiter juga membahayakan Bumi.

Kevin Grazier, ahli fisika yang dulu bekerja di NASA, getol meneliti apakah gravitasi Jupiter menangkis atau menelan komet serta asteroid menjauh dari planet ini. Tapi simulasinya malah menunjukkan justru planet gas raksasa itu 'melemparkannya' ke Bumi.

Jadi, Jupiter menurut Kevin bukanlah perisai Bumi melainkan 'sniper'. "Simulasi kami menunjukkan bahwa Jupiter sama besar kecenderungannya mengirim komet ke Bumi di samping menjauhkannya," kata dia, dikutip detikINET dari Fox News.


Artinya, Jupiter memang melindungi Bumi dan di saat yang sama juga membahayakan. Kevin menilai hal itu membuat Jupiter harus diwaspadai. Sebabnya, asteroid tentu sangat merusak andai sampai menabrak Bumi.

"Ada ratusan obyek dekat Bumi yang berpotensi membahayakan. Saya pikir kita sekarang harus lebih banyak memberi perhatian soal apa yang terjadi lebih jauh di lingkungan sekitar Jupiter," cetusnya dalam wawancara dengan Gizmodo.

Dalam simulasinya, Kevin mendemonstrasikan proses kompleks bagaimana obyek luar angkasa yang mendekat ke Jupiter masuk ke orbitnya dan kemudian dilemparkan, sehingga bisa menjadi ancaman pada Bumi.

"Ia mengambil benda-benda yang mengancam bumi dan menjauhkannya, membersihkan angkasa dekat planet kita. Jadi dalam hal itu, ia berperan sebagai semacam perisai," kata Jonti Horner, astronom di University of Southern Queensland, Australia.

"Tapi di sisi lain, ia juga mengambil sesuatu yang tidak ada di dekat Bumi dan melemparkannya ke sini, yang artinya Jupiter jadi ancaman," tandasnya.



Simak Video "Ritual Adat Sedekah Bumi. Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)