Ditemukan! Kuburan Kapal Viking Raksasa di Desa Norwegia

Ditemukan! Kuburan Kapal Viking Raksasa di Desa Norwegia

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 06 Des 2019 11:44 WIB
Ilustrasi kapal Viking. Foto: Science Alert
Jakarta - Tak ada yang lebih terhormat bagi bangsa Viking selain mati dalam pertempuran. Dan kapal-kapal raksasa yang gagah menjadi kendaraan mereka dalam bertempur dan mengukir sejarah.

"Bangsa Viking bisa bertempur, kemudian berpesta. Lalu esoknya mereka melakukannya lagi. Namun mereka membutuhkan kapal untuk itu. Para kepala suku dan raja, ditidurkan di kapal-kapal panjang lengkap dengan pedang dan permata dan dimakamkan di gundukan tanah yang menandakan status mereka," kata Knut Paasche, seorang arkeolog.

Ditemukan! Kuburan Kapal Viking Raksasa di Desa NorwegiaKapal Viking terkubur di sebuah pedesaan di Norwegia. Foto: Science Alert


Dia menyebutkan, semakin besar kapal dan gundukan, menandakan semakin penting penguburannya. Kemungkinan besar, kapal Viking yang ditemukan terkubur di sebuah pedesaan di Norwegia ini adalah salah satunya.



Dikutip dari Science Alert, para arkeolog menggunakan radar penembus tanah menemukan sebuah gundukan besar di sebuah pulau di Norwegia bagian barat, bersama dengan sisa-sisa kapal besar sepanjang 16 meter.

Paasche menyebutkan, sebuah penemuan dapat menceritakan kisah baru tentang bagaimana sebuah kapal berevolusi menjadi kapal yang lincah dan ditakuti lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Para Arkeolog percaya kalau temuan ini adalah salah satu kapal Viking langka yang berada wilayah Norwegia. Fosil yang ditemukan ini merupakan kuburan berbagai barang berharga dari suku bangsa asli Skandinavia tersebut.

Ditemukan! Kuburan Kapal Viking Raksasa di Desa NorwegiaRadar penembus tanah menemukan kapal Viking terkubur. Foto: Science Alert


Penemuan pulau Edoy, yang diumumkan pada 22 November oleh Institute for Cultural Heritage Research, tempat Paasche dan tim arkeolog lainnya adalah sebuah keberuntungan.

Bekerja sama dengan wilayah Smola, para arkeolog melakukan penelitian di daerah yang sudah dikenal karena kekayaan latar sejarahnya, termasuk sejarah pertempuran Viking.

Para peneliti sebenarnya hendak menyelesaikan dulu risetnya pada akhir September. Namun mereka kemudian memutuskan untuk membuat jalan pintas di ladang petani di dekat sebuah gereja abad pertengahan.

Yang terjadi kemudian, radar penembus tanah memberi sinyal gemuruh. Saat digali lebih lanjut, terlihat permukaan kapal dari dalam gundukan kuburan. Permukaan kapal tidak tampak utuh karena hancur oleh pembajakan sawah berabad-abad lalu.

Tidak diketahui berapa banyak kapal yang tersisa sebelum penggalian dimulai. Meski demikian, para peneliti dapat menentukan tulang punggung kapal, kaki kapal dan papan petunjuk. Namun belum pula diketahui apakah para penghuni kapal ikut dikuburkan dengan kekayaan dan senjata mereka atau tidak.

Ditemukan! Kuburan Kapal Viking Raksasa di Desa NorwegiaPara peneliti mencari tahu lebih banyak mengenai temuan kapal Viking ini. Foto: Science Alert


Kayu dari kapal Viking yang terkubur dan ditemukan tahun lalu telah membusuk. Kapal lain yang ditemukan di Inggris pun tidak memiliki material kayu meski terdapat garis paku yang membantu mengidentifikasinya. Karenanya, para peneliti berharap kapal Viking yang satu ini, dan temuan berikutnya bisa mengungkap lebih banyak petunjuk.



"Temuan apapun akan sangat membantu untuk memahami era dengan beberapa artefak sebesar sebuah kapal. Saat ini hanya ada tiga kapal Viking yang terpelihara dengan baik di Norwegia, yang semuanya ditempatkan di sebuah museum di Oslo. Dan kita membutuhkan lebih banyak lagi," kata Paasche.

Sejauh ini, para peneliti berencana untuk melakukan investigasi lebih lanjut guna mengukur temuan tersebut karena sebagian besar masih tertimbun.

Simak Video "Tampik Babe Ridwan Saidi, Prof Agus Munandar Sebut Kerajaan Galuh Otentik"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)