Selasa, 19 Nov 2019 13:52 WIB

Menguak Sepak Terjang Komunitas Bumi Datar

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Menguak Sepak Terjang Komunitas Bumi Datar
Halaman 2 dari 2
Foto: Edmonton Journal

Bumi bulat adalah kepastian dengan bukti tak terbantahkan, tapi penganut Bumi datar ada di banyak tempat. Tidak ada informasi pasti berapa banyak yang percaya bahwa Bumi datar, namun komunitasnya punya ratusan ribu follower dan YouTube yang membahas Bumi datar kadang banyak diminati.

Sebuah survei YouGov pada lebih dari 8.000 orang dewasa Amerika Serikat mengungkap bahwa satu dari enam di antaranya tidak begitu yakin Bumi itu bulat. Adapun survei di Brasil mengindikasikan bahwa 7% orang di sana menolak Bumi bulat.

Komunitas Bumi datar pun yakin konferensi mereka akan makin populer. "Tahun depan, akan ada konferensi di setiap negara besar di dunia," begitu ambisi penggagasnya, Robbie Davidson.

Davidson mengaku dulu menertawakan konsep Bumi datar. Tapi beberapa tahun kemudian, dia menggagas konferensi Bumi datar pertama karena menurutnya, ia tak dapat membuktikan bahwa Bumi itu bulat.

Para penganut Bumi datar itu disebut juga cenderung mempercayai beragam teori konspirasi. Soal siapa yang menyembunyikan kenyataan Bumi datar, Weiss menyebut beberapa pihak.

"Para penguasa elit, dari keluarga kerajaan ke Rockefellers, Rostchilds, semua grup itu yang menjalankan dunia, mereka semua begitu," kata Weiss.

(fyk/fyk)